Pendidikan

SMK Tunas Husada Raih Juara Pertama di LKS Sultra

Siswa SMK Bina Husada Kendari, Nur Fadilla (kiri) yang akan mengikuti LKS tingkat nasional Mei 2018.(Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK – Siswa SMK Tunas Husada Kendari, Nur Fadilla, berhasil menyabet juara pertama Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS-SMK) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2017. Ia menjuarai kategori lomba farmasi.

Perolehan juara dalam lomba yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra pada 30 Oktober hingga 2 November 2017 di Kendari tersebut, sekaligus mengantarkan Nur Fadilla untuk mewakili Sultra berkompetisi di level nasional Mei 2018 nanti.

Kepala SMK Tunas Husada Usman SPd mengatakan, sudah empat tahun berturut-turut lomba serupa dijuarai sekolahnya.

“Ini kali keempat siswa kami berhasil menyabet juara pertama pada kategori lomba farmasi. Ini sekaligus akan mewakili Sultra untuk berlaga di LKS tingkat Nasional tahun depan di Aceh, meskipun belum pernah menjadi juara di tingkat nasional,” ucap Usman saat ditemui di SMK Tunas Husada, Kamis (2/11).

Ia menjelaskan, SMK Tunas Husada kembali meraih juara berkat kerja ektra yang dilakukan guru pembimbing dan siswa untuk menghadapi lomba tersebut.

“Pastinya, semua penuh dengan persiapan dan jauh sebelumnya kami sudah mempersipakannya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, ada tiga item penilaian di lomba LKS itu, mulai dari penguasaan teori, presentasi dan praktik meracik obat. Jurinya didatangkan dari Univeristas Halu Oleo (UHO) dan teknisi dari Dinas Dikbud Sultra.

“Di tingkat nasional kami manargetkan juara, paling tidak bisa masuk sepuluh besar. Kami sudah konsultasi dengan guru pembimbing untuk segera melakukan persiapan, apalagi waktunya masih panjang, sehingga bisa melihat apa-apa saja yang perlu dipersiapkan,” tandasnya.

Sementara itu, Nur Fadilla merasa bersyukur bisa keluar sebagai juara. Ia mengaku senang bisa mewakili Sultra ke LKS tingkat nasional nanti.

“Alhadulillah, ini akan menjadi motivasi untuk terus mengasah kemampuan guna mengikuti LKS tingkat nasional. Latihannya akan di tingkatkan lagi, mulai dari belajar teori hingga tekniknya,” ujar siswa kelas XI.2.1.Farmasi tersebut. (m1/nur)

To Top