Pendidikan

SMA Kartika Terapkan Larangan Guru Merokok di Lingkungan Sekolah

La Ode Suaib

KENDARI, BKK- Sejalan dengan imbauan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pusat, larangan merokok bagi guru di lingkungan sekolah telah diterapkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika. Utamanya saat menjalankan tugas mengajar di ruang kelas.

Kepala SMA Kartika La Ode Suaib mengaku mendukung PGRI Pusat tersebut karena sejalan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang digaungkan pemerintah.

“SMA Kartika sudah lama menerapkan pelarangan merokok baik di lingkungan sekolah maupun di ruang kelas,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (2/11)

Sejak pelarangan merokok itu pun diberlakukan, akunya, baik guru maupun siswa cukup mematuhinya. Terbukti, hingga saat ini belum ada yang ditemukan melanggar aturan tersebut.

Jika kemudian ada yang ditemukan melanggar aturan tersebut, baik guru maupun siswa akan diberikan sanksi.

“Kalau kita mendapatkan guru yang melakukan kegiatan merokok di ruang kelas maupun di lingkungan sekolah, kita akan melakukan teguran dan selama ini belum ada yang ditemukan,” akunya.

Suaib menambahkan, ada nilai aspek yang ditekankan di SMA kartika guna untuk mendukung penerapan nilai PPK di sekolah yakni nilai religius, nasionalis, kemandirian, gotong royong dan integritas yang bukan hanya diterapkan di sekolah tapi juga di lingkungan keluarga.

“Saya berharap agar semua pihak melihat peraturan ini sebagai sesuatu yang baik dan menerapkan di satuan pendidikannya, karena sekolah merupakan laboratorium siswa siswi untuk mempersiapkan dirinya dalam memajukan bangsa,” pungkasnya. (m1/nur)

To Top