Kasuistika

Empat Tersangka Kasus Bibit Konut Diserahkan ke Jaksa

KENDARI, BKK – Empat tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan fiktif bibit di Dinas Kehutanan Kabupaten Konawe Utara (Konut) 2015 diserahkan ke jaksa, Senin (30/10).

Keempatnya, yakni Mantan Kepala Dinas Kehutanan Konut Amiruddin Supu, kontraktor bernama Ahmad, serta dua pemeriksa barang, Lili Jumartin dan Zaenab.

Penyerahan tersangka berikut barang bukti dari penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke jaksa penuntut umum (JPU), dilakukan setelah berkasnya dinyatakan lengkap atau P-21.

“Hari ini (kemarin), kita sudah lakukan tahap II,” ujar Kepala Subbidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh.

Dengan penyerahan tahao II tersebut, jelas dia, menandakan tugas kepolisian telah usai. Kini, kewenangan sepenuhnya berada pada pihak kejaksaan.

Diberitakan, polisi menyebut, kasus ini dipastikan akan ada penambahan tersangka. Beberapa orang yang dinilai terlibat dalam kasus yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 700 juta ini menunggu proses selanjutnya.

Polisi menyebut, beberapa nama yang akan jadi tersangka yakni Nurdin Edyson sebagai Kadishut Konut 2015 atau sebelum Amiruddin Supu.

Selanjutnya, Syahbuddin sebagai PPK, dan Sultan berperan sebagai kontraktor.

Pasalnya, sebelum dijalankan Amiruddin Supu cs, proyek tersebut ditangani Nurdin Edyson cs.

Di masa Nurdin, anggaran proyek telah dicairkan sebesar 30 persen. Padahal, pekerjaannya juga disebut fiktif.

Bukan hanya itu, Rusmin Aswad juga disebut telah menjadi tersangka. Namun, berkas perkara putra Mantan Bupati Konut Aswad Sulaiman ini akan diproses bersamaan dengan Nurdin cs. (man/iis)

To Top