Lingkar Sultra

Rumah Pasutri Lanjut Usia Musnah Terbakar

MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI
PETUGAS pemadam kebakaran menyemprotkan air pada puing-puing rumah milik Akki (80) dan Sanden (80), di Desa Pongiha, Kecamatan Lasusua, Minggu (15/10). Di foto lain nampak Sanden (kiri) hanya bisa menatap harta bendanya yang musnah dilalap api.

BKK, LASUSUA– Akki (80) dan istrinya, Senden (80), mungkin tak pernah menyangka akan ditimpa musibah di usia senjanya. Rumah warga Desa Pongiha, Kecamatan Lasusua, luluh lantak diamuk kobaran api pada Minggu (15/10).

Petugas Pemadam Kebakaran yang datang dengan kekuatan dua unit armadanya pun tak berhasil mengatasi amukan di jago merah. Apalagi, rumah Akki yang berjenis rumah pangung membuat api leluasa melumat bangunan kayu itu beserta seluruh isinya.

Kapolsek Lasusua, AKP Hasanuddin mengatakan, api diduga berasal dari dapur. Pasalnya, Senden (80) sempat menanak nasi. Api kemudian muncul dan menjalari dapur sekitar pukul 06.30 Wita.

“Sementara ini dugaan kebakaran berasal dari dapur tradisional. Ibu ini baru saja memasak nasi dan hendak turun mengambil sayur di sekitar rumah. Namun tidak berselang lama api sudah membakar rumah,” kata Hasanuddin.

Dari pengakuan korban, selain kehilangan rumah, Pasutri ini juga kehilangan kalung emas 10 gram, uang Rp 3 juta, mesin genset, BPKP dan STNK motor. “Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah. Naas sekali nasib mereka karena selama ini mereka bekerja dengan menjual sayur-sayuran,” ujar Hasanuddin.

Aki (80) mengatakan dirinya baru menyadari rumahnya sudah terbakar setelah mendengar teriakan istrinya. Saat itu, api sudah membesar dan berkobar hebar.

“Kami hanya bisa melihat Nak. Api terlalu cepat menjalar,” katanya kepada Berita Kota Kendari.

Yang ironi, ini kali kedua Akki mengalami musibah yang sama. Kebakaran pertama terjadi pada 2014 lalu di mana seluruh rumahnya habis tak tersisa. Mereka kemudian membangun rumah baru, yang akhirnya juga dimusnahkan si jago merah.

Bapak dua anak ini pun tak percaya bisa mengalami dua kali musibah yang sama. (cr11/b/aha)

To Top