Bisnis & Ekonomi

Kemendag Salurkan Alat Ukur untuk Pasar Tradisional

IST
Ahmad F

BKK, KOLAKA– Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI akan menyalurkan peralatan tera atau alat ukur pada tiga pasar percontohan di Kolaka. Tiga pasar tersebut masing-masing Pasar Raya Mekongga di Kolaka, Pasar Lamekongga di Wundulako dan Pasar Dawidawi di Pomala.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Ahmad menjelaskan, tiga pasar ini dijadikan percontohan untuk mewujudkan tertib ukur yang merupakan program dari Kemendag RI. Tertib ukur jelas sangat berkaitan dengan perlindungan konsumen agar terlindungi dari praktik kecurangan.

Menurut Ahmad, alat-alat timbang ukur dari Kemendag sudah ada, namu baru diserahkan kepada Pasar Raya Mekongga. Sementara dua pasar lainnya belum diberikan karena adanya beberapa kendala yang harus terlebih dahulu diselesaikan.

Adapun kendala Pasar Dawidawi lantaran masih proses relokasi dari pasar yang lama ke pasar yang baru di Jalan Bypass Dawidawi. Sementara Pasar Lamekongga belum memiliki tempat penyimpanan alat ukur yang aman.

“Nanti jika lokasi penempatan sudah layak dan baik, kami akan langsung serahkan kepada kepala pasarnya,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini bantuan yang di berikan oleh Kemendag RI masih berupa alat ukur. Jika nantinya Kolaka ditetapkan sebagai daerah tertib ukur, kemungkinan akan ada bantuan dalam bentuk lain.

“Kita berharap dan berupaya untuk mewujudkan Kolaka sebagai daerah tertib ukur pada 2017. Semoga bisa terwujud,” harap Ahmad. (r3/b/aha)

To Top