Jetliner Pelni Buka Rute Raha-Kendari – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Jetliner Pelni Buka Rute Raha-Kendari

DOK BKK
Kapal Jetliner milik Pelni saat bersandar di Pelabuhan Raha, Muna, Sulawesi Tenggara.

Tiket Rp 66.000, Termasuk Makan Siang

BKK, RAHA– Kapal ekslusif PT Pelni, Jetliner akhirnya resmi beroperasi di Pelabuhan Raha. Senin (2/10), kapal yang berbobot 4.000 ton ini memulai pelayaran perdananya dari Raha menuju Pelabuhan Nusantara, Kendari.

Jetliner bisa mengangkut 700 penumpang dan 300 kendaraan roda dua. Kapal ini sebenarnya bisa memuat kendaraan roda empat. Hanya saja, fasilitas Pelabuhan Raha belum memungkinkan untuk itu.

“Alhamdulilah ini pelayaran perdana kita di Pelabuhan Raha. Sebelumnya kita singgahi Wanci dan Baubau. Sekarang kita singgahi Raha menuju Kendari,” kata Nahkoda Jetliner, Agus Sugeng Rianto.

Jetliner akan bersandar di Raha dua kali seminggu, setiap Senin dan Kamis. Jadwalnya pukul 11.00 tiba Raha dan pukul 12.00 berangkat menuju Kendari. Adapun waktu tempuh sekitar empat jam.

Kapal ini punya fasilitas yang memanjakan penumpang. Seperti ruang VIP dengan deretan kursi yang empuk. Ruangannya juga sejuk. Bahkan, pihak Jetliner mempertimbangkan untuk mengadakan ruang hiburan dan kafe.

“Fasilitas hiburan seperti kafe dan karaoke akan kita lengkapi, tergantung dari animo masyarakat. Saat ini kita punya fasilitas mushalah, ruang VIP dan ekonomi,” tambah Agus.

Yang istimewa, harga tiketnya cukup terjangkau, cuma Rp 66.000. Itu sudah termasuk paket makan siang dan suplemen makanan seperti makanan dan minuman ringan.

Mengenai muatan mobil, Agus berharap itu soal waktu. Jika Pelabuhan Raha sudah membangun gerbang kendaraan roda empat, mobil pun bisa dimuat.

“Tinggal kita tunggu rampungnya pelabuhan Raha,” katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Perhubungan Muna, La Ode Nifaki Toe mengatakan, Bupati Muna Rusman Emba sudah melakukan lobi kepada PT Pelni sejak empat bulan lalu. Lobi itu pun membuahkan hasil.

“Alhamdulilah, PT Pelni bersedia membuka rute pelayaran Raha-Kendari,” pungkasnya.

Dengan beroperasinya Jetliner ini, masyarakat kini sudah memiliki banyak alat transportasi massal yang bisa dijadikan alternatif ke Muna atau Kendari atau Baubau. “Sudah ada pesawat, ada kapal cepat dan ada Jetliner. Tinggal pilih mana suka,” katanya.

Sementara itu, salah seorang penumpang Jetliner, Riza Salman mengakui kenyamanan kapal ini. Dia senang dengan paket makanannya yang ekslusif.
“Yang paling saya suka kapal ini tidak begitu goyang. Mungkin karena badannya besar. Ada daerah yang biasanya selalu goyang selama 30 menit, pas naik Jetliner, tidak ada dirasa,” tandas Riza, sesaat turun di Pelabuhan Nusantara Kendari, sore harinya.

“Kalau ingin menikmati perjalanan, naik Jetliner saja. Biar mungkin bikin meeting di atas itu sangat cocok karena ada ruang VIPnya,” tandasnya. (r1/b/aha)

To Top