DAU Butur Dipangkas Rp 4 Miliar – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

DAU Butur Dipangkas Rp 4 Miliar

IST
Ilustrasi

BKK, BURANGA– Defisit keuangan yang dialami pemerintah pusat berimbas di daerah. Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Pemkab Buton Utara. Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2017 ini dipangkas hingga Rp 4 miliar.

Pemangkasan ini pun turut berpengaruh pada komposisi Rancangan APBD Perubahan yang saat ini masih dalam tahap penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Pelaksana Tugas Sementara (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Butur La Ode Siam mengakui, pemangkasan DAU tersebut menghambat proses penyusunan RAPBD Perubahan lantaran harus dilakukan rasionalisasi anggaran.

“Penyusunan draf KUA-PPAS sempat molor karena dana kita yang dipangkas pusat cukup besar, sekitar Rp 4 miliar, katanya.

Menurutnya, pemangkasan itu terjadi karena penerimaan negara di APBN 2017 tidak sesuai dengan proyeksi awal. Mau tidak mau, DAU untuk semua daerah akhirnya ditinjau ulang dan berakhir dengan pemangkasan 2 persen.

“Terpaksa akan ada pos-pos kegiatan yang harus dicoret atau dilakukan penyesuaian,” jelas La Ode Siam yang juga menjabat Asisten II Setda Butur ini.

La Ode Siam membeberkan, anggaran yang diusulkan kurang lebih berkisar Rp 600 miliar. Pihak Bappeda telah menyerahkan draft KUA- PPAS kepada DPRD Butur pada 22 September lalu.
“Kita tinggal tunggu jadwal dari dewan,” tandasnya. (cr10/c/aha)

To Top