Warga di berbagai Daerah Antusias Nonton Film G30S – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Warga di berbagai Daerah Antusias Nonton Film G30S

 

ABDUL RAHIM/BERITA KOTA KENDARI
Warga Kolaka Timur saat nonton bareng film G30S di Koramil 01 Raterate, beberapa waktu lalu.

BKK, KOLAKA– Acara nonton bareng film G30S yang diputar secara serentak oleh TNI di Sulawesi Tenggara, Sabtu (30/9) malam lalu disambut antusias oleh masyarakat. Lokasi-lokasi pemutaran film yang mengisahkan pengorbanan tujuh pahlawan revolusi itu, dilaporkan ramai dijejali masyarakat.

Di Kolaka, nonton bareng dipusatkan di Alun-alun 19 November, sekaligus dirangkaikan dengan HUT TNI ke-72. Komandan Kodim 1412/Kolaka, Letkol (Inf) Seniman Zega turut hadir dan sempat membacakan teks Pancasila sebelum acara nonton dimulai.

Dalam sambutannya, Dandim Kolaka mengungkapkan, kegiatan tersebut tidak bermaksud untuk mengungkit kembali masa lalu, tetapi sekedar mengingatkan fakta sejarah bahwa pernah terjadi tragedi yang sangat tidak berprikemanusiaan dan sangat biadab.

“Diharapkan dengan pemutaran film ini, generasi muda dapat memahami dan tetap mewaspadai untuk tidak terulangnya lagi kejadian yang pernah dialami para jenderal, putra terbaik bangsa Indonesia,” tegasnya.

Di Buton Utara, nonton bareng digelar Pemkab Butur bekerja sama dengan Koramil 1416-04 Kulisusu di halaman Rumah Jabatan Bupati Butur. Bupati Butur Abu Hasan ikut pula menyaksikan film bersama ratusan warganya. Hadir pula, Plt Sekda Butur, La Ode Siam, Ketua DPRD Butur Muhammad Rukman Basri Zakariah, Danramil 1416-04 Kulisusu Mayor Inf Prasetya bersama anggotanya dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemda Butur, serta tamu undangan lainnya.

Sebelum pemutaran film, Bupati Butur, Abu Hasan menyampaikan kepada warga dan pelajar bahwa, pemutaran film ini menuai pro dan kontra. Akan tetapi, menurutnya ini memiliki edukasi nilai-nilai pelajaran kepada masyarakat, terutama generasi muda.

“Mudah-mudahan generasi muda memperoleh nilai-nilai positif dari pemutaran film ini,” katanya.

Sementara Danramil 1416-04 Kulisusu, Mayor Inf Prasetya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu bertujuan mengingatkan masyarakat dengan sejarah pengkhianatan terhadap Pancasila. Sehingga bisa memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada tahun 1965 silam.

“Yang dipetik positifnya saja. Tahu sejarah bangsa dan tidak melupakannya,” terang pria satu bunga di pundak ini.

Di Kolaka Timur, acara serupa digelar di Lapangan Sepak Bola Loea, Kecamatan Loea. Nonton bareng yang digelar Koramil 01 Raterate ini bahkan sudah dimulai sejak Senin (25/9) lalu.
Danramil 01 Raterate, Kapten (Inf) Ambo Sakrim mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat, siswa dan mahasiswa untuk menonton film tersebut. (r3-cr10-cr8/c/aha)

To Top