Santunan Kecelakaan Jasa Raharja Naik 100 Persen – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Santunan Kecelakaan Jasa Raharja Naik 100 Persen

IST
Ilustrasi

BKK, KENDARI- Menteri Keuangan telah menerbitkan beleid untuk meningkatkan besaran santunan kepada korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas hingga 100 persen. Aturan ini berlaku mulai 1 Juli 2017.

Beleid yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Keuangan atau PMK Nomor 15 Tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara. Untuk santunan korban kecelakaan lalu lintas diatur dalam PMK Nomor 16 Tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

Kepala Jasa Raharja Cabang Kendari, Jhon Veredy Panjaitan mengatakan, dengan PMK tersebut, santunan kematian yang sebelumnya Rp 25 juta, menjadi Rp 50 juta. Untuk rawat inap yang tadinya Rp 10 juta, menjadi Rp 20 juta maksimal. Ditambah lagi dengan penggantian biaya pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) selama 6 bulan yang sebelumnya tidak diadakan.

Menurut John, kenaikan santunan Jasa Raharja ini mulai intens disosialisasikan ke seluruh Sultra. Dia berharap, kenaikan jumlah santunan itu akan mendorong masyarakat pemilik kendaraan bermotor agar memenuhi kewajiban setoran jasa raharja yang sepaket dengan pembayaran pajak kendaraan bermotornya setiap tahun.

“Jadi kita bersinergi dengan Dispenda agar bagaimana seluruh pemilik kendaraan di Sulawesi Tenggara ini diberikan kemudahan dan diringankan bebannya. Kami imbau agar masyarakat segera menyelesaikan kewajiban pajaknya karena sekarang ada pemutihan pajak,” ujarnya. (p14/c/aha)

To Top