Kadinkes Ajak Perawat Honorer Buka Praktik Mandiri – Berita Kota Kendari
Beranda

Kadinkes Ajak Perawat Honorer Buka Praktik Mandiri

IST
Ilustrasi perawat

BKK, KENDARI – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum, mengajak perawat honorer untuk membuka praktik mandiri, baik tenaga dokter, tenaga bidan, tenaga perawat gigi, serta dokter gigi.

“Sebab saat ini secara keseluruhan jumlah perawat di Dinkes Kendari dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) itu sangat mencukupi, jadi memang untuk diangkat jadi pegawai itu lumayan sulit,” ungkap Rahminingrum, saat menghadiri peresmian gedung Private Madical Care Centre (PMCC) RSUD Kendari, Minggu (1/10).

Berdasarkan regulasi, perawat diperbolehkan untuk melakukan praktik mandiri. “Jadi sebetulnya perawat jangan berfikir hanya untuk menjadi pegawai saja, tetapi bagaimana para perawat bisa mengembangkan ilmunya secara mandiri dan mendapatkan pendapatan dari praktik mandiri tersebut,” paparnya.

Tentu, kata dia, untuk membuka praktik mandiri harus disertai dengan izin resmi. Tanpa mengantongi izin tersebut perawat tidak boleh juga membuka praktik mandiri.

“Bedasarkan data yang ada di kami 2016 lalu, baru dua orang perawat yang mengurus izin praktik mandiri. Bahkan di 2017 ini tidak satu pun perawat yang mengurus izin praktik mandiri,” katanya.

Padahal, lanjutnya, sebenarnya praktek mandiri ini sangat baik bagi perawat itu sendiri, sebab di samping mengembangkan ilmunya mereka juga bisa meraup pendapatan. “Olehnya itu saya mengajak kepada perawat yang masih berstatus honorer, bisa mengambil langkah itu untuk mengembangkan ilmunya,” imbuhnya. (cr6/c/iis)

To Top