Buat Status di FB Soal PKI, Pedagang Asongan Diciduk Polisi – Berita Kota Kendari
Headline

Buat Status di FB Soal PKI, Pedagang Asongan Diciduk Polisi

ADNAN IRHAM/BERITA KOTA KENDARI
STATUS MEDSOS. Pedagang asongan berinisial SM saat digelandang polisi.

BKK, BAUBAU – Tulisan pria berinisial SM (28) di media sosial, Facebook berbuntut panjang. Pedagang asongan di Pelabuhan Murhum Baubau itu diamankan Satreskrim Polres Baubau karena menyebut warga Baubau PKI, Sabtu (30/9). Status di Facebook itu ia tulis Jumat malam (29/9) saat warga Baubau ramai-ramai menonton film G30S/PKI.

Tulisan menyinggung itu diunggah menggunakan akun Facebook miliknya bernama Deni Deniz pukul 23.00 WITA. Pada status pertama ia menulis “Hebo x yg nonton G30 s pki eehh kya nh semua orang bau bau nh pki semua“.

Di tulisan kedua ia kembali mengunggah hal yang sama, namun lebih tegas “Orang bau bau semua PKI

Sontak, sejumlah akun Facebook dan warganet lain tersinggung dan mengomentari status itu. Hingga Minggu (1/10), tulisan tersebut sudah dikomentari sebanyak 134 kali yang dominan mencibir dan mempertanyakan maksud SM menulis hal itu. Beberapa bahkan mengancam SM.

Kapolres Baubau, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Daniel Widya Mucharam SIk mengatakan, SM sudah diamankan Satreskrim Polres Baubau Sabtu pagi. Minggu (1/10), SM resmi ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal 45 Undang-undang ITE. Unggahan warga Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna itu dinilai dapat memicu konflik di masyarakat, apalagi Polres Baubau mewaspadai ujaran kebencian di medsos.

Kata Daniel, sejumlah saksi sudah mintai keterangan termasuk saksi ahli bahasa dari Kota Kendari. Saat ini Polres Baubau masih mendalami kasus tersebut. Motif sementara SM hanya iseng saja, namun polisi masih menindaklanjuti pemeriksaan itu yang dikhawatirkan ada maksud lain.

Kapolres mengimbau masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang dapat memicu konflik di masyarakat. Jika mendapat kasus serupa, agar langsung melaporkan kepada pihak berwajib dan tidak main hakim sendiri. Terkait media sosial, Daniel juga mengimbau agar berhati-hati menggunakan media sosial, apalagi menulis hal-hal yang dapat berakibat buruk pada diri sendiri. (cr7/c/lex)

To Top