Dikbud Muna Buat Program “Ayo Sekolah” – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Dikbud Muna Buat Program “Ayo Sekolah”

Ashar Dulu S Pd M Pd

Tekan Angka Putus Sekolah

BKK, RAHA-Tingginya angka anak putus sekolah di Kabupaten Muna yang mencapai 1.259 orang, menjadi perhatian khusus dinas pendidikan dan benudayaan (dikbud) setempat. Salah satu inovasi yang dilakukan yakni dengan membuat program “Ayo Sekolah”.

Tujuan program tersebut untuk menekan tingginya anak putus sekolah baik SD, SMP dan SMA. Program ini kemudian mewajibkan seluruh guru di Kabupaten Muna mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA untuk mencari minimal satu orang anak usia sekolah yang putus sekolah, untuk didaftarkan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM), di setiap kecamatan yang ada di daerah itu.
“Di PKBM inilah anak-anak yang putus sekolah ini dididik melalui program paket A, B dan C,” terang Plt Kepala Dinas Dikbud Muna Ashar Dulu SPd MPd saat ditemui, Selasa (26/9).

Dikatakannya, pihaknya sengaja mengadakan program tersebut karena jika melalui jalur pendidikan formal, angka anak putus sekolah ini susah untuk diturunkan. Saat ini pun, lanjutnya, jumlah PKBM di Kabupaten Muna berjumlah 62. Namun, mayoritas berpusat di Raha dan akan diupayakan agar tersebar di seluruh kecamatan.

“PKBM yang ada di kecamatan banyak yang tidak aktif lagi. Makanya, bagi PKBM yang tidak aktif akan didaftarkan ulang ke pusat secara nasional, agar dapat menggelar ujian paket A, B dan C,” ujarnya.

Masih kata Ashar, ada tiga inovasi yang dilakukan Dikbud Muna saat ini. Selain program Ayo Sekolah ada juga program Katoba yang kini sudah masuk dalam kurikulum pendidikan di Muna. Kemudian, mewajibkan seluruh siswa/siswi memakai baju tenun khas Muna sebagai pengganti baju batik. (r1/c/nur)

To Top