TPPI Butur Bentuk Kampus Desa – Berita Kota Kendari Online
Lingkar Sultra

TPPI Butur Bentuk Kampus Desa

IST
Suasana rapat koordinasi Kampus Desa mengenai pengelolaan dana desa, di Aula Kecamatan Kulisusu, Selasa (19/9).

BKK, BURANGA– Persoalan yang timbul seputar pengelolaan dana desa mendorong para Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) di Buton Utara membentuk wadah yang disebut Kampus Desa.

Kades, demikian singkatan dari Kampus Desa ini, akan menjadi forum belajar bersama, diskusi, aspirasi, serta tempat berinovasi untuk mengatasi persoalan yang muncul di desa.

Koordinator pendiri Kades Butur, Aswin Syafiuddin usai rapat koordinasi tentang pengelolaan dana desa di Aula Kecamatan Kulisusu, Selasa (19/9), mengatakan Kades Butur dibentuk sejak 20 Agustus 2017 lalu.

Penggagasnya berasal dari TPPI, yang terdiri dari seluruh tenaga ahli kabupaten, kemudian pendamping desa dan pendamping lokal desa.

Dalam kesepakatan pembentukan wadah tersebut, pertemuan di Kades Butur dijadwalkan dua kali dalam sebulan.

“Pada dasarnya kita di sini hanya memfasilitasi yang sifatnya rapat kecil, tetapi namanya Kades Butur yang artinya kampus untuk desa atau forum tempat belajar, dan kegiatannya ada di desa tinggal, kami pasang spanduk saja. Jadi berpindah-pindah, lebih cenderung ke pendampingan masalah di desa,” katanya.

Aswin menambahkan, terkait dengan pematerinya, akan disesuaikan dengan permasalahan yang menjadi topik pembahasan. Misalnya di desa A membutuhkan penyuluhan rumput laut, maka Kampus Desa akan mendatangkan orang dari dinas perikanan.

“Begitulah gambarnya, jadi di sini kita hanya memfasilitasi apa yang menjadi hal untuk didiskusikan ketika ada pertemuan di kampus desa,” terang

Aswin Syafiuddin yang juga selaku Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa di Butur. (cr10/c/aha)

To Top