Headline

Safei Kahar Janji Percepat Pemekaran Kepton

IST
Sjafei Kahar

BKK, BATAUGA– Memantapkan diri untuk ikut bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra, Safei Kahar mengaku termotivasi atas rencana pemekaran daerah Kepulauan Buton (Kepton) yang hingga kini masih terhambat. Ia berpikir dengan duduk sebagai pemimpin daerah sekalipun hanya sebagai wakil gubernur, ia akan berupaya membantu percepatan pemekaran tersebut.

“Pemekaran daerah Kepulauan Buton ini menjadi motivasi saya. Sebelumnya saya telah niat berhenti di dunia politik, namun karena hal ini saya terdorong untuk kembali memberikan sumbangsi kepada daerah ini,” ungkap Safei saat ditemui di kantor Bupati Buton Selatan (Busel), Selasa (19/9).

Ia menjelaskan, sejak dulu, daerah persiapan Kepton ini telah dapat dimekarkan. Hanya saja, beberapa gubernur sebelumnya tidak berkomitmen dalam pemekaran tersebut.

Beberapa gubernur itu, lanjutnya, membiarkan konflik tokoh Buton dan Muna terkait pemekaran daerah ini, yang hingga akhirnya membuat Kabupaten Muna menolak untuk bersama-sama dalam satu daerah pemekaran.

“Pihak gubernur tidak mempertemukan kedua tokoh itu, mereka terkesan membiarkan konflik yang telah menghalangi pemekaran. Saat ini salah satu hambatan belum mekarnya daerah pemilik benteng terluas ini akibat belum mencukupinya jumlah penduduk. Hal ini disebabkan Kabupaten Muna tidak mau bergabung dalam satu daerah pemekaran yakni Provinsi Kepton,” jelasnya.

Bupati Buton dua periode ini yang juga membeberkan alasan dirinya siap menjadi pasangan wakil Rusda Mahmud di Pilgub Sultra 2018. Itu dilatarbelakangi perjanjian kontrak bermaterai. Dalam kontrak perjanjian itu, apabila ia dan Rusda terpilih, pihaknya akan ditunjuk sebagai ketua tim percepatan pemekaran Kepton.

Untuk diketahui, sejauh ini Safei sudah mendaftar di beberapa partai politik diantaranya partai Demokrat, PDIP, Hanura, NasDem, dan PPP. Namun, sama dengan sejumlah bakal calon lainnya, hingga saat ini belum satu pun partai memberikannya rekomendasi. (k1/c/nur)

To Top