Polisi Tangkap Perempuan Spesialis Penggelapan Mobil Rental – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polisi Tangkap Perempuan Spesialis Penggelapan Mobil Rental

IST
Ilustrasi

BKK, LASUSUA– Polres Kolaka Utara berhasil mengamankan RP (27), seorang perempuan yang diduga terlibat dalam kasus penggelapan mobil rental di Kendari. RP sudah bisa disebut spesialis. Pasalnya, mobil rental yang dia gelapkan tidak hanya satu, tetapi dua sekaligus.

Beruntung, polisi di Kolaka Utara segera bertindak begitu mendapatkan laporan dari Kendari. Melalui razia yang ketat, pelaku berikut dua unit mobil hasil penggelapannya pun berhasil dijaring.

Kapolsek Kodeoha, IPTU Jamarin Riche SH menjelaskan, setelah menerima laporan dari pemilik mobil, jajarannya langsung menyusun rencana penangkapan dengan melakukan razia cipta kondisi.

Polisi memang sudah menduga bahwa pelaku akan menggunakan pelabuhan Tobaku – Siwa untuk menyeberangkan dua kendaraan itu ke Sulawesi Selatan.

“Cipkon kita gelar pada malam hari dan tersangka melintas di Kolut sekitar pukul 20.30,” katanya.

RP kemudian diamankan bersama dua sopir sewaan untuk menyeberangkan kedua mobil tersebut. Berikut dengan dua unit mobil, masing-masing Toyota Avansa DT 1602 AK warna hitam dan Daihatsu Xenia DT 1565 LE.

Dari hasil penyidikan sementara, RP mengaku akan menjual salah satu mobil itu Rp 30 juta di Makassar. Setelah satu mobil laku terjual, maka kendaraan yang satu bakal dipakai pulang lagi.

RP diketahui warga Jl Malik Raya II, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. “Dia bilang terlilit hutang. Tapi kita masih dalami,” ujarnya.

Jamarin menghimbau kejadian ini agar jadi peringatan bagi para pengusaha jasa rental agar lebih teliti. Jangan sampai tertipu dengan modus yang dipakai oleh pelaku.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman sekitar empat tahun kurungan. (cr11/c/aha)

To Top