Dua Desa Terancam Gagal Ikuti Pilkades Serentak 2017 – Berita Kota Kendari Online
Lingkar Sultra

Dua Desa Terancam Gagal Ikuti Pilkades Serentak 2017

IST Takdir

BKK, LANGARA – Dua desa dari 62 desa yang sedianya akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, terancam dicoret dari perhelatan tersebut. Dua desa itu yakni Desa Wakadawu (Wawonii Timur) dan Desa Lamoluo (Wawonii Barat).

Hal itu terungkap dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I DPRD Konkep dan Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) Pilkades yang digelar beberapa waktu lalu.

“Dua desa kami rekomendasikan untuk dipending karena Panitia Pemilihan Kepala Desa masing-masing subjektif dalam penetepan calon kepala desa. Juga tidak mengacu kepada Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati,” tegas Ketua Komisi I DPRD Konkep, Imanuddin.

Dari RDP itu terungkap, tim tujuh di dua desa tersebut dinilai tidak independen dalam menyeleksi calon kades. Di Desa Wakadawu, misalnya, PPKD-nya tidak mengacu pada Peraturan Bupati yang mewajibkan setiap kandidat mampu membaca Alquran. Masalah yang sama juga dialami Desa Lamoluo.

Pelanggaran atas syarat wajib ini pun sudah diketahui oleh masyarakat luas. Karenanya, DPRD menyarankan pemerintah tidak mengambil risiko dengan menunda keikutsertaan dua desa itu dalam Pilkades tahun ini.

“Potensi konfliknya besar, sehingga kami tetap merekomendasikan dua desa ini untuk dipending,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konkep, Takdir saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/9) mengaku sudah mendapatkan informasi itu.

Namun sejauh ini, pemerintah belum mengeluarkan keputusan apakah kedua desa ini dibatalkan atau tetap diikutkan dalam Pilkades yang akan digelar serentak Oktober mendatang.

“Belum ada keputusan final, mau ditelaah dulu. Nanti setelah itu, baru ada keputusan apakah akan dipending atau tidak. Jika memang ada keputusan ditunda, berarti dua desa ini baru bisa menggelar Pilkades tahun depan,” katanya. (cr9/c/aha)

To Top