Suksesi

Calon Bupati Kolaka Wajib Kumpulkan 16.488 KTP

IST
Lukman

Jalur Perseorangan Pilkada Kolaka

BKK, KOLAKA– Calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka yang akan maju melalui jalur perseorangan atau independen, disyaratkan untuk memiliki dukungan sebesar 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Saat ini jumlah DPT pemilu atau pemilihan terakhir yaitu sebanyak 164.877 wajib pilih. Berarti yang akan maju melalui jalur perseorangan itu (kumpulkan dukungan) 10 persen dari DPT atau 16.488,” kata komisioner KPU revisi teknis Muhammad Aidil Adha, Selasa (18/9).

Menurut Aidil, jumlah minimum sebaran dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Tahun 2018, harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Kolaka plus satu, atau tujuh kecamatan dari 12 kecamatan yang ada.

“Penyerahan syarat minimum dukungan dan sebaran dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tahun 2018, dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2017 sampai dengan 29 Nopember 2017 di Kantor KPU Kabupaten Kolaka,” terangnya.

Sementara Ketua KPU Kolaka Lukman menambahkan, jumlah minimum syarat dukungan dan sebaran yang nantinya diserahkan ke pihaknya, akan dilakukan penelitian.

“Penelitian jumlah minimum syarat dukungan dan sebaran dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati kolaka tahun 2018, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Nopember 2017 sampai 1 Desember 2017,” katanya.

Karena itu, Lukman mengundang putra putri Kolaka yang akan ikut bertarung di pilkada nanti melalui jalur independen, supaya segera memenuhi persyaratan tersebut.

“Kemudian datang di kantor KPU mendaftarkan diri,” tandasnya. (r3/b/nur)

To Top