Headline

Balon Independen Minimal Punya 170.825 KTP

RUDI/BERITA KOTA KENDARI
KPU Sultra saat melakukan Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Tahun 2018 melalui Jalur Perseorangan.

BKK, KENDARI – Bakal Calon (balon) yang akan maju bertarung melalui jalur perseorangan (independen) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 mendatang wajib mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) minimal 170.825.

Hal ini diungkapkan Koordinator Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra Iwan Rompo saat melakukan Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Tahun 2018 Melalui Jalur Perseorangan.
“Sesuai dengan jumlah DPT yang telah ditetapkan yakni sebanyak 1.708.249, yang akan maju mencalonkan diri melalui jalur perseorangan harus bisa mengumpulkan e-KTP sebanyak 170.825. Itu 10 persen dari jumlah DPT,” katanya, Rabu (20/9).

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib mengungkapkan, untuk proses penyerahan e-KTP di KPU Sultra akan dilakukan pada 22 sampai 26 November.
“Setelah itu, kami akan langsung verifikasi faktual. Jika masih ada kekurangannya, maka proses perbaikannya akan bersamaan dengan perbaikan dari pasangan calon yang melalui partai politik kira-kira pada Januari sampai Februari 2018 mendatang,” jelasnya.

Lelaki yang akrab disapa Ojo ini menambahkan, figur calon perseorangan boleh saja memasukan jumlah e-KTP sebanyak 500.000. Hanya saja, kata dia, jika pada saat proses verifikasi tidak memenuhi syarat jumlah dukungan, maka kekurangan dari yang telah ditetapkan itu akan dilipatgandakan.

“Misalnya dari e-KTP yang dimasukkan itu yang memenuhi syarat hanya berjumlah 100 ribu maka kekurangan yang berjumlah 70.825 maka akan dimasukkan kembali dengan jumlah dua kali lipat dari kekurangannya itu,” tegasnya.

Ia mengharapkan, bagi figur yang akan maju mencalonkan diri melalui jalur perseorangan agar betul-betul serius mengumpulkan jumlah dukungan. Pasalnya, kata dia, disamping jumlah yang begitu banyak, juga tersebar di sembilan kab/kota.

“Apalagi dalam proses verifikasinya nanti akan dilakukan secara verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Selain itu, figur juga harus menyiapkan tim dilapangan ketika nantinya kami melakukan verifikasi secara sensus dimasyarakat untuk memastikan dukungannya,” ujarnya.

Sementara itu, balon wakil gubernur melalui jalur perseorangan Andre Darmawan mengatakan, siap mengumpulkan jumlah dukungan seperti apa yang telah ditetapkan KPU Sultra.

“Kalau KPU mensyaratkan 170.825 suara untuk independen maka kami menargetkan sampai 300.000 suara, supaya menjaga titik aman kita,” katanya.

Balon wagub pasangan Wa Ode Nurhayati (WON) ini menjelaskan, saat ini pihaknya telah membentuk tim yang tersebar di 17 kab/kota di Sultra untuk terus mengumpulkan e-KTP sebagai persyaratan untuk bisa mencalonkan diri dalam Pilgub 2018 mendatang.

“Seluruh tim kita sudah kerahkan. Akan kami penuhi dalam dua bulan ke depan,” pungkasnya. (m2/aha)

To Top