Dishub Sultra bakal Adakan Bus Rapid Transit – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Dishub Sultra bakal Adakan Bus Rapid Transit

IST
Ilustrasi BRT

BKK, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mewujudkan sistem angkutan massal untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan transportasi di Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra Hado Hasina mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut pihaknya tengah menyiapkan sarana dan prasarana perhubungan massal yang cepat, aman dan nyaman.

“Kita akan upayakan secepatnya, karena dengan terselenggaranya sistem angkutan massal berbasis jalan terutama di kota-kota yang mengalami perkembangan pesat. Misalnya di Kota Kendari, Kolaka, Baubau dan Kota lainya,” ujar Hado saat ditemui di ruang kerjannya, Selasa (19/9).

Hado menyebut, untuk sistem angkutan massal berbasis jalan darat akan mengoperasikan bus rapid transit (BRT).
”Secara umum BRT merupakan angkutan umum yang berkualitas tinggi, yang memberikan mobilitas perkotaan yang cepat, nyaman, aman dan biaya terjangkau oleh masyarakat,” jelasnya.

BRT sudah banyak digunakan di kota-kota besar di Indonesia. Karena angkutan tersebut mempunyai kualitas tinggi dari sistem metro bawah tanah, yang sering juga dikenal dengan sistem metro darat.

”Jadi Pemerintah Kota dan provinsi harus segera melakukan upaya untuk menekan titik kemacetan, agar masyarakat kota pindah dari angkutan pribadi dan lebih memilih menggunakan angkutan massal yang telah disiapkan pemerintah setempat,” pungkasnya. (p13/c/man)

To Top