43.000 Hektar Lahan Kakao di Kolut akan Diremajakan – Berita Kota Kendari Online
Bisnis & Ekonomi

43.000 Hektar Lahan Kakao di Kolut akan Diremajakan

LUIS/BKK
Syamsu Ridjal

BKK, LASUSUA– Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui dinas pertanian setempat akan melakukan peremajaan terhadap 43.000 hektar lahan kakao. Saat ini, pihak dinas pertanian tengah melakukan pendataan untuk melihat kondisi di masing-masing daerah.

Kadis Pertanian Kolut, Syamsu Ridjal mengatakan peremajaan itu akan dilakukan di 15 kecamatan secara bertahap. Program ini ditargetkan rampung dalam tiga tahun dengan anggaran yang cukup besar, yakni sekitar Rp 400 miliar atau sekitar Rp 9 juta per hektarnya.

“Kakao pernah mengalami masa kejayaan di tahun 1990 di mana uang yang berputar saat itu bisa mencapai Rp 3,3 triliun per tahun. Ini yang coba dikembalikan oleh Bapak Bupati,” ujar Syamsu Ridjal yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/9).

Selama masa peremajaan lahan, pihaknya akan menyediakan tanaman jangka pendek, terutama jagung, bawang merah dan lombok yang akan menopang pendapatan para petani. Pemkab pun telah melakukan MoU dengan Bank Indonesia (BI) dalam hal pengembangan bawang merah di Desa Totalang, Lasusua.

“MoU dengan pihak BI untul pengembangan bawang merah untuk klaster pertama. BI akan memberikan bantuan pada petani atau kelompok sesuai dengan kebutuhan dalam mengembangkan bawang merah,” jelas Syamsu.

Jika program rehabilitas lahan ini berhasil, dia yakin 2021 akan kembali menjadi masa kebangkitan kakao di Kolut. (cr11/c/aha)

To Top