Punya Gejala Tumor, Segera Periksakan Diri – Berita Kota Kendari
Headline

Punya Gejala Tumor, Segera Periksakan Diri

IST
Dr dr IMD Christian B SpB(K) Onk

BKK, KENDARI – Mengenali tumor sejak dini merupakan langkah yang baik untuk menghindari risiko kesehatan yang lebih buruk. Caranya, segera memeriksakan diri ke dokter jika sudah mengetahui ada gejala tumor yang diderita.

Dokter spesialis tumor, Dr dr IMD Christian B SpB(K) Onk berharap masyarakat mengubah cara pandang dan cara berpikir tentang penyakit mematikan tersebut, yang gejalanya sering diremehkan.

“Kami ingin mengubah paradigma sebagian masyarakat bahwa kalau sudah benjolan di bagian tubuh, segeralah periksakan diri ke dokter. Jangan menunggu ada keluhan dan rasa sakit dari pembengkakan benjolan atau tumor baru mau memeriksakan diri. Ini yang keliru,” tegas dr Chris –sapaan dr Christian, Senin (18/9).

Menurut dia, ada beberapa faktor sehingga selama ini banyak orang awam yang enggan segera memeriksakan diri ke dokter walaupun memiliki benjolan di bagian tubuh yang tidak wajar.

Misalnya, sebut dia, mereka takut atau trauma dioperasi, memerlukan biaya tinggi, masih memilih pengobatan alternatif, dan tidak punya kepedulian terhadap risiko tumor yang bisa semakin membesar pada dirinya.

“Makanya harus diciptakan rasa panik dalam arti positif. Jika benjolan dibiarkan begitu saja, bisa terus membesar dan pada akhirnya ke dokter juga,” jelasnya.

“Alangkah bagusnya kalau sejak dini sudah diantisipasi untuk dilakukan pengobatan. Terpenting pula untuk mengetahui apakah tumor tersebut jinak atau ganas sehingga langkah-langkah medis yang perlu dilakukan,” tambah doktor lulusan Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Dia mencontohkan, beberapa pasien yang telah menjalani operasi tumor yang dia tangani setelah mereka sudah terkena tumor stadium tinggi. Pasien-pasien tersebut, tutur dr Chris, awalnya hanya memiliki tumor kecil.

Tapi karena membiarkan begitu lama tanpa melakukan konsultasi ke dokter ahli tumor, lambat laun tumor mereka membesar dan mengganas. Kalau sudah seperti itu, untuk menyembuhkan pasien tersebut harus dilakukan operasi besar.

“Harap diketahui tumor itu, walaupun kecil tapi ganas, cepat sekali membesar. Jadi tidak boleh disepelekan,” kata Ketua Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo Kendari ini.

Karena itu, dia mengingatkan agar masyarakat dapat mengenali tumor dan gejala kanker lebih dini supaya penanganannya lebih maksimal. Untuk mengetahuinya, dilakukan pemeriksaan melalui laboratorium. (mah)

To Top