Maba Hukum USN Dikenalkan Kearifan Lokal Kolaka – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Maba Hukum USN Dikenalkan Kearifan Lokal Kolaka

ARMIN/BRRITA KOTA KENDARI
Dosen dan Maba Fakultas Hukum USN Kolaka di makam Raja Sangia Nibandera.

BKK, KOLAKA– Mahasiswa baru (maba) Fakultas Hukum Universitas Sembilanbelas November (USN) diperkenalkan kearifan lokal yang ada di kabupaten Kolaka.

“Untuk Maba kami buatkan kegiatan dalam rangka mengenali kearifan lokal atau budaya yang ada di Kabupaten Kolaka, yang kami laksanakan di kecamatan Wundulako,” kata dosen hukum USN Kolaka, Syamsul Rijal, Senin (18/9).

Syamsul menjelaskan, mahasiswa yang kuliah di USN perlu mengetahui banyak informasi mengenai Kolaka termasuk sejarah Islam masuk ke wilayah yang juga dikenal dengan sebutan Wonua Mekongga itu. Hal ini juga menjadi bagian dari pengetahuan hukum, khususnya hukum adat.

Apalagi, lanjutnya, mahasiswa baru tersebut tidak semuanya berasal dari Kolaka tapi juga dari beberapa daerah lain yang ada di Sulawesi Tenggara. Bahkan ada yang berasal dari provinsi lain seperti Sumatera.

“Hanya dengan mencintai budaya atau kearifan lokal, kita dapat memperkuat persaudaraan dan menjadi peneguhan nilai-nilai kebhinekaan yang saat ini terkesan pudar,“ katanya.

Sementara Dekan Fakuktas Hukum USN Kolaka Yahyanto MH mengatakan, kegiatan pengenalan kearifan lokal merupakan salah satu bentuk pengenalan atau orientasi awal pada mahasiswa. Utamanya dalam membina keakraban atau persaudaraan, baik kepada mahasiswa lama maupun dosen di fakultas hukum.

“Kegiatan penerimaan maba baik tingkat universitas maupun tingkat fakultas sudah resmi berakhir. Namun, kegiatan ini hanya semata wujud rekreasi bersama yang dikemas dalam sajian pengenalan budaya,” katanya.

Menurut Yahyanto, dipilihnya kecamatan Wundulako sebagai tempat pengenalan kearifan lokal bagi maba, sebab Wundulako memiliki beberapa situs-situs sejarah dan budaya. Terutama soal kesejarahan daerah atau kerajaan Mekongga. (r3/c/nur)

To Top