Pekan Ini, Lima Tersangka Diperiksa Jaksa – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Pekan Ini, Lima Tersangka Diperiksa Jaksa

IST
Ilustrasi

Dugaan Korupsi PDAM Baubau

BKK, KENDARI – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menjadwalkan pemeriksaan lima tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan mesin pompa air melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau.

“Pekan ini, kita akan mulai pemeriksaan mereka. Ini untuk perampungan mereka,” terang Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra, Janes Mamangkey saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu (17/9).

Mengenai tambahan tersangka, Jenes menuturkan, akan tergantung dari pengembangan penyidikan. Hal itu, terungkap dalam proses pemeriksaan tersangka nanti.

“Kalau soal tersangka baru, nanti kita lihat hasil pemeriksaan mereka (tersangka) dulu. Apa kah ada yang terlibat atau tidak, nanti akan terungkap,” jelasnya.

Janes mengungkapkan, dalam kasus ini diprediksi negara mengalami kerugian hingga Rp 1 miliar dari total anggaran Rp 5 miliar. Hal itu, diperoleh dari hasil perhitungan beberapa item barang yang diadakan namun tidak dapat dimanfaatkan.

“Beberapa barang yang diadakan itu seperti kabel, pipa, genset, dan pembuatan fondasi,” bebernya.

Diberitakan, penanganan kasus ini sendiri telah dimulai sejak 2016 lalu, yang mana sebelum ditangani pihak Kejati Sultra, kasus ini juga telah ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau. Di mana, ada tiga kontraktor pelaksana pekerjaan yang terlibat dalam pengadaaan mesin pompa air. (cr5/c/man)

To Top