Panwaslu Kota Kendari Buka Pendaftaran Panwascam – Berita Kota Kendari
Headline

Panwaslu Kota Kendari Buka Pendaftaran Panwascam

IST
Murniati Muhtar S Pi

BKK, KENDARI – Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari telah membuka pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (Panwacam) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2019.

Dengan dibukanya pendaftaran tersebut, panwaslu memberikan kesempatan bagi warga Kota Kendari untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota panwascam.

Sekrertaris Panwaslu Kota Kendari, Murniati Muhtar SPi menjelaskan, rekruitmen anggota panwascam tertuang dalam surat Nomor : 05/Bawaslu-Prov.SG- 17/TU.00.01/IX/2017.

“Panwaslu Kota Kendari mulai melakukan rekruitmen panwascam yang akan bertugas melakukan pengawasan sebagai bagian penyelenggaraan Pilgub 2018 mendatang,” kata Murniati kepada jurnalis BKK, Kamis (14/9).

Sesuai jadwal resmi dari Panwaslu Kota Kendari, waktu penerimaan pendaftaran mulai 17 September hingga 23 September 2017.

Sesuai dengan pengumuman dari Panwaslu Kota Kendari, calon anggota panwascam harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya; warga negara Indonesia berusia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, NKRI, bhineka tunggal ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus1945.

Selain itu, mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu.

Calon peserta juga berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, serta mampu secara jasmani dan rohani. Paling penting juga bebas dari penyalahgunaan narkotika (yang dibuktikan dengan surat keterangan), serta tidak tergabung di partai politik.

Syarat penting lainnya, seorang calon anggota panwascam tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

“Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan dan bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan atau BUMN, BUMD selama masa menjadi anggota panwascam,” demikian salah satu poin lainnya.

Murniati menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar dapat mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Panwaslu Kota Kendari di Jl Wayong No 55 Kelurahan Mandonga Kecamatan Mandonga.

“Setelah berkas pendaftaran sudah siap dapat diantarakan langsung atau dikirim melalui pos atau ke Sekretariat Panwaslu Kota Kendari. Dokumen dibuat dalam tiga rangkap masing-masing satu rangkap asli dan dua rangkap foto kopian,” katanya. (lex)

To Top