Suksesi

Panwaslu Konawe Buka Penjaringan Panwascam

IST
Ilustrasi

BKK, UNAAHA– Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Konawe mulai membuka pendaftaran calon anggota panitia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam). Proses penjaringannya dilaksanakan mulai 14 September hingga 10 Oktober 2017 mendatang.

Ketua Panitia Pengawas (Panwaslu) Kabupaten Konawe Sabda mengajak kepada masyarakat untuk bergabung menjadi calon Panwascam, dengan syarat tertentu yang telah diatur dalam perundang-undangan.

“Dasar perekrutan badan adhoc ini atas instruksi dari Bawaslu RI melalui provinsi, kemudian diteruskan ke Panwas Kabupaten Konawe melalui surat 027/2017 terkait petunjuk teknis (juknis) pelaksanaannya,” jelas Sabda saat ditemui di Sekretariat Panwaslu Konawe, Kamis (14/9).

Dijelaskannya, beberapa syarat yang harus dimiliki calon anggota panwascam sudah terlampir dalam formulir pendaftaran, di antaranya umur minimal 25 tahun, punya pengalaman penyelenggara kepemiluan dan tidak terlibat aktif dalam pengurus partai politik.

“Tempat pengambilan dan pengembalian formulir di Kantor Sekretariat Jl Ahmad Yani Kelurahan Arombu Kabupaten Konawe. Diutamakan punya pengalaman penyelenggara kepemiluan,” paparnya.

Dikatakannya, dalam tekhnis perekrutan, Bawaslu tidak menyarankan kepada Panwas Kabupaten Konawe untuk membentuk tim seleksi. Sehingga, ini menjadi dasar otoritas internal komisoner panwaslu setempat dalam merekrut anggota panwascam. Namun, juknisnya tetap diatur oleh Bawaslu Sultra.

Mengenai tekhnis pelaksanaannya, lanjut Sabda, pihaknya sudah membentuk kelompok kerja (pokja) yang diketuai oleh salah satu komisioner Panwaslu Konawe. Hasil penjaringan akan mengakomodir tiga orang per kecamatan yang jumlahnya masih disesuaikan dengan data Pilpres lalu yakni 23 kecamatan.

Sementara untuk panitia pengawas lapangan desa/kelurahan, masih kata Sabda, akan dibentuk oleh panwascam terpilih. Tetapi, Juknisnya tetap mengacu dari Panwaslu Kabupaten Konawe. (r4/c/nur)

To Top