Bisnis & Ekonomi

Nurrahman akan Kembalikan Kejayaan Kakao di Kolut

LUIS/BKK Nurrahman Umar

BKK, LASUSUA- Bupati Kolaka Utara, Nurrahman Umar berkomitmen mengembalikan kejayaan kakao yang pernah mengalami era keemasan di Kolaka Utara. Selain kakao, Bupati juga ingin produk pertanian dalam arti luas meningkat produktivitasnya.

Untuk mencapai impian tersebut, Bupati sudah meminta pihak terkait agar melakukan pendataan sektor pertanian dalam arti luas. Data tersebut nantinya akan digunakan sebagai landasan kebijakan pemerintah.

“Pendataan ini sangat penting untuk melihat potensi sekaligus apa saja yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat. Program ini mungkin tidak dapat dirasakan langsung seperti membangun infastruktur. Tapi saya yakinkan ini akan dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang,” katanya.

Dengan database, Pemkab bisa memastikan bantuan yang tepat kepada penerima yang tepat pula. “Kita akan fokus pada pertanian dalam arti luas dan tanaman jangka pendek sebagai mata penghasilan sehari-hari petani kita. Harapannya agar kejayaan yang pernah kita capai di masa lalu bisa kembali lagi,” ujarnya.

Selain pertanian, hal yang sama juga akan diberlakukan pada sektor perikanan dan kelautan. Database ini nantinya bisa mengarahkan pemerintah untuk memenuhi skala prioritas para nelayan.

“Ada nelayaan yang hanya butuh pancing, dan ada nelayaan yang hanya butuh pukat. Saya pernah mendapati masyarakat yang memperoleh bantuan pukat namun hanya digunakan sebagai pagar pada sawah atau ladang. Jadi yang seperti ini yang akan didata agar setiap bantuan yang turun itu tepat sasaran,” pungkasnya.

Pendataan tersebut rencananya akan digelar pada akhir tahun ini sehingga bisa dijadikan dasar untuk tahun anggaran 2018 nanti. (cr11/c/aha)

To Top