Suksesi

KPU Undang Bacagub Perseorangan

Dok/BKK
Iwan Rompo

KPU Sultra Akan Gelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan

BKK, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengundang masyarakat yang ingin maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur melalui jalur perseorangan, untuk menghadiri kegiatan sosialisasi yang rencananya digelar, Rabu (20/9) mendatang.

Undangan sosialisasi tersebut disampaikan KPU secara terbuka melalui media cetak Harian Berita Kota Kendari (BKK) pada edisi Kamis – Jumat (14-15/9).
Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo menjelaskan, sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari Surat KPU No 515/2017 dan Kep KPU Prov Sultra No 55/2017 tentang Penetapan DPT pemilih/pemilihan sebagai dasar perhitungan syarat minimal jumlah dukungan calon perseorangan dalam pilgub 2018.

“Kenapa dibuat undangan terbuka karena sampai saat ini KPU Prov tidak memiliki informasi yang valid dan komprehensif mengenai warga negara yang ingin menjadi calon melalui jalur perseorangan,” kata Iwan Rompo kepada BKK, Kamis (14/9).

Iwan menjelaskan, sosialisasi untuk menyasar masyarakat, ormas, pengurus OKP, NGO/LSM, dan pers.
Dikatakannya, sosialisasi dilakukan dengan harapan masyarakat Sultra memahami, pertama, jumlah minimal dukungan dan sebaran calon perseorangan dalam pilgub Sultra 2018.

Kedua, memahami syarat,teknis verifikasi baik administrasi maupun faktual calon perseorangan, ketiga memahami jenis dokumen dan format berkaitan calon perseorangan.

Dan keempat, mengetahui sejak awal akan penggunaan SILon atau sistem informasi pencalonan, yang menjadi tools KPU dalam bekerja. “Dimana calon dikenai keharusan bahwa semua format harus berbasis SILon yang id dan passwordnya harus diminta pada KPU,” kata Iwan.

Dijelaskannya, terkait penggunaan SILon pengalaman dalam Pemilihan 2015 dan 2017, banyak calon belum bekerja sesuai standar SILon yang menyebabkan banyak dukungan ganda atau berpotensi ganda tidak dapat diverifikasi secara cepat, tepat dan tuntas.

Iwan menyebutkan sosialisasi akan berlangsung di Ruang Jasmine Hotel Clarion Kendari. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, peserta dapat melakukan registrasi langsung di Sekretariat KPU Sultra pada Subbag Teknis dan Hupmas hingga 19 September mendatang setiap jam kerja.
Selain itu dapat menghubungi staf KPU Sultra Yuyun Indrayani dengan nomor kontak 0852 4163 6379 dan Hatmawati degan nomor HP 0811 405 8681. (lex)

To Top