Kejaksaan Siap Berikan Pendampingan Hukum di Pilkada Konawe – Berita Kota Kendari
Suksesi

Kejaksaan Siap Berikan Pendampingan Hukum di Pilkada Konawe

IRMAN/BERITA KOTA KENDARI
KPU Konawe bersama Kejari Unaaha resmi menandatangi MoU terkait pendampingan hukum masa Pilkada Konawe.

BKK, UNAAHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha, Kamis (14/9), telah menandatangani MoU terkait jasa konsultan pendampingan hukum menjelang Pilkada 2018.

Pelaksana Harian Kejari Unaaha M Zuhri mengatakan siap mengawal KPU sebagai pendamping hukum. Pihaknya terbuka setiap saat ketika penyelenggara pilkada tersebut membutuhkan saran maupun jasa kuasa hukum ketika ada problem baik berupa perdata administrasi.

“Ataupun saran ketika ada keragu-raguan dalam mengambil langkah kebijakan. Utamanya dalam konteks penganggaran,” kaya Zuhri.

Dijelaskannya, secara kelembagaan, kejari tidak hanya bertugas sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara pidana, tetapi dapat pula bertindak sebagai pengacara negara dalam bidang keperdataan dan tata usaha negara (TUN). Hal ini tertuang dalam pasal 30 Undang Undang nomor 16 tahun 2014.

Menurutnya, setelah penandatanganan MoU tersebut, Kejari Unaaha bakal bertindak sebagai lawyer non fee. Pihaknya akan mendampingi dan menangani perkara perdata KPU ketika terjadi gugatan dalam hal teknis maupun administrasi yang diangagap cacat oleh penggugat di pengadilan.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Konawe Sarmadan mengatakan, penandatanganan MoU dengan kejasaan itu merupakan bagian dari tahapan KPU dalam melaksanakan tahapan Pilkada Konawe.

“Kami sangat mengapresiasi mengenani hubungan kerja sama ini. KPU bisa melakukan konsultasi hukum saat proses berjalannya tahapan pilkada,” tuturnya.

Ia mengatakan, KPU dalam menjalankan tahapan akan berusaha melaksanakan tugas sebagai penyelenggara untuk mewujudkan Pilkada Konawe yang damai dan adil. (r4/c/nur)

To Top