Gangguan Kejiwaan, Satu Haji Asal Kota Kendari Dipulangkan Lebih Awal – Berita Kota Kendari
Beranda

Gangguan Kejiwaan, Satu Haji Asal Kota Kendari Dipulangkan Lebih Awal

IST
Jemaah calon haji foto bersama di lokasi pemotongan dam.

BKK, KENDARI – Salah seorang haji asal Kota Kendari dilaporkan mengalami gangguan kejiwaan. Wanita yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 19 atas nama Hasiah La Furu Binti La Tou (60) dengan nomor paspor B 5486817 terpaksa dipulangkan lebih awal.

Ia dipulangkan ke Tanah Air pada 8 September 2017 melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah, menggunakan penerbangan Garuda Indonesia Airlines dengan nomor penerbangan GIA 1401.
Staf Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Sulastia, membenarkan laporan ini.

Hajah tersebut dijemput dengan salah satu kepala bidang (kabid) di Kemenag Kota Kendari,” kata Sulistia, Kamis (14/9).
“Sebelum dipulangkan, si hajah tadi menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah,” paparnya.
Dari pemeriksaan kesehatan itulah, paramedis mengetahui haji yang harus dipulangkan.

“Kalau menurut informasi yang kami dapatkan dari rekan-rekan haji yang dipulangkan tersebut, dia itu sering berbicara sendiri,” ungkapnya.

Akan tetapi, lanjut dia, penyakit kejiwaannya ini terkadang kambuh, sehingga si hajah itu juga tampak sehat. “Sebelum dipulangkan, haji tersebut sudah menyelesaikan semua rukun haji sehingga bisa dikatakan sebagai haji, hanya yang sunat-sunat saja yang belum dikerjakannya karena dipulangkan lebih awal dan tidak dapat bergabung dengan rekan-rekannya yang lain,” jelasnya. (cr6/c/iis)

To Top