Headline

Dewan Desak PDAM Baubau Selesaikan Sambungan Air Gratis

IST
Ilustrasi air bersih

BKK, BAUBAU – DPRD Kota Baubau mendesak PDAM Kota Baubau segera menyelesaikan sambungan air gratis dari program Kementerian Pekerjaan Umum bagi 300 rumah warga. Diingatkan bahwa program itu sudah jatuh tempo pada 30 September atau akhir bulan ini.

Anggota DPRD Baubau, I Ketut Karmawirata mengatakan, jika tidak segera diselesaikan, Kota Baubau terancam tidak akan mendapatkan bantuan serupa untuk 2018 mendatang. Masyarakat tentu akan rugi sebab di Kota Baubau belum semua rumah teraliri air bersih.

“Masyarakat sudah menunggu, dan kami harap air sudah mengucur sebelum batas waktu itu. Penting ini,” tegas politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu.

Prosedur bantuan itu, lanjut dia, dibayarkan dulu menggunakan APBD Kota Baubau. Setelah mengalir, dan dibayar selama dua bulan, anggaran dari pemerintah pusat dapat langsung dicairkan untuk mengganti dana APBD tersebut. Satu rumah dijatah Rp 2 juta, sehingga jika dikali 300 rumah, anggarannya sebesar Rp 600 juta.

“Info terakhir dari PDAM katanya dalam waktu dekat sudah selesai. Ya kita harap begitu. Karena ini bantuan bagus sekali,” tuturnya.

Sementara Pelaksana Tugas Direktur PDAM Kota Baubau, Laode Ali Hasan mengaku masih memproses administrasi pembelian alat-alat termasuk pipa dan bahan-bahan lain yang dibeli dari Jakarta. Kata dia, alat itu bisa saja dibeli di Kota Baubau, namun khawatir tidak sesuai dengan standar yang ditentukan.

“Total ada 289 sambungan. Dalam waktu dekat kita selesaikan sebelum batas waktu yang diberikan itu,” katanya ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/9). (cr7/c/aha)

To Top