Pendidikan

703 Maba Unsultra Jalani Bina Karakter

SUMARDIN/BERITA KOTA KENDARI
Suasana kegiatan forum ilmiah pendidikan karakter sebanyak 703 Maba Unsultra, Kamis (14/9), di salah satu hotel di Kendari.

BKK, KENDARI– Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) melaksanakan forum ilmiah pendidikan karakter yang diikuti sebanyak 703 mahasiswa baru (Maba) di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (14/9).

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk menyatukan persepsi mahasiswa baru sebagai agen perubahan agar memahami dan memiliki sikap maupun karakter yang baik. Paling terpenting, memiliki kesiapan diri untuk masa depan yang lebih baik dengan berjiwa kewirausahaan dan pastinya berjiwa patriotisme.

“Mahasiswa itu harus mampu menghindarkan diri dari berbagai ancaman radikalisme, terorisme, narkotika dan pastinya menjaga ketertiban di dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, sebab semua itu bertentangan dengan empat pilar bangsa Indonesia” ujarnya di sela-sela kegiatan pendidikan karakter tersebut.

Ia menjelaskan, melalui pendidikan karakter ini juga, dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada seluruh maba bagaimana proses pendidikan dan pengajaran yang ada di Unsultra.

“Kami akui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter yang hanya satu hari saja belum cukup. Namun, paling tidak ini memberikan pemahaman awal kepada mahasiswa,” ungkapnya.

Dikatakannya, dirinya berkomitmen pelaksanaan pendidikan karakter akan dilanjutkan di dalam kampus melalui kurikulum, seperti pada mata kuliah pancasila dan kewarganegaraan.
Ia berharap, apa yang sudah dilaksanakan tidak sia-sia dan pastinya bisa membangun karakter mahasiswa sebagai generasi muda Indonesia, sekaligus ikut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045.

“Saya menyampaikan kepada publik bahwa kami tidak salah mengadakan pendidikan karakter. Pasalnya, mahasiswa ini sengaja kami persiapkan agar mereka bisa bersaing di era global sekarang ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut Unsultra sengaja menghadirkan sejumlah pemateri lokal yang cukup dikenal diantaranya mantan Rektor UHO, Usman Rianse serta Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Sultra Drs H Ryha Madi. (p12/c/nur)

 

To Top