Ratusan RTLH di Raha Mulai Dikerja – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Ratusan RTLH di Raha Mulai Dikerja

FITRI/BKK
Hayadi

BKK, RAHA– Ratusan Rumah Tidak Layak Huni di Muna mulai diperbaiki setelah anggaran dari pemerintah pusat cair. Dari 631 RTLH yang mendapatkan bantuan, separuh diantaranya sudah masuk dalam tahap pengerjaan.

Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muna, Hayadi menjekaskan, anggaran renovasi RTLH tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 9,4 miliar. Setiap penerima diberikan jatah Rp 15 juta.

“Saat ini proses pembangunan sudah berjalan 50 persen dari 631 unit rumah RTLH. Memang baru 50 persen karena dana yang cair baru sekitar Rp 5 miliar. Kalau sisanya cair, pengerjaan bisa dilanjutkan,” katanya.

Jika pengerjaan 631 RTLH ini sudah rampung, selanjutnya yang dikerjakan 500 unit RTLH di Kecamatan Katobu, Batalaiworu dan Duruka. Namun itu baru terlaksana tahun 2018 mendatang.

Hayadi melanjutkan, pengerjaan 600 RTLH ini juga akan mendukung program Kotaku yang sudah dicanangkan oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba. Pasalnya, konsep kota moderen ini bisa berjalan mulus jika bangunan di sekitarnya sudah layak huni. Sementara di tiga kecamatan itu, masih banyak RTLH.

“Berdasarkan SK bupati, ada 380 unit RTLH dan akan mendapatkan bantuan di Kecamatan Katobu dan 220 unit di Batalaiworu dan Duruka. Dua kecamatan ini memang tergolong kumuh,” tandasnya. (r1/c/aha)

To Top