Lingkar Sultra

Pemkab Kolut Bentuk Tim Terpadu IMB

LUIS/BKK
Mukramin

Masih Banyak Warga yang Tak Paham

BKK, LASUSUA– Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) membentuk tim terpadu untuk mensosialisasikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Tim terpadu ini terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Pembentukan tim ini didorong oleh masih banyaknya warga Kolut yang belum memahami IMB. Karena itu, tim ini akan menggelar sosialisasi dari pintu ke pintu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU dan Tata Ruang, Mukramin menjelaskan, sosialisasi yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya IMB. “Untuk tahap awal, sosialisasi IMB dilakukan di Desa Tojabi Kecamatan Lasusua yang merupakan desa yang padat penduduknya,” kata Mukramin, Rabu (13/9).

Menurut Mukramin, pemahaman masyarakat tentang IMB masih sangat kurang. Banyak masyarakat yang mengira IMB hanya diperuntukan pada bangunan baru atau ruko.

Padahal, mengubah, memperluas, mengurangi hingga merenovasi bangunan itu wajib mengantongi IMB. “Kita berharap dengan sosialisasi door to door, tidak ada lagi masyarakat yang tidak paham,” tandasnya.

Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan mendata jumlah bangunan yang ada di Kolut. Dalam sosialisasi ini pula, tim menyampaikan sanksi bagi mereka yang membangun tanpa izin.

“Kita sosialisasikan sanksinya juga. Kalau tidak punya IMB, bangunannya dianggap ilegal dan bisa dibongkar,” ingatnya.

Saat ini, lanjut dia, Pemkab beserta DPRD kolut sedang merampungkan Rancangan Peraturan Daerah tentang IMB. Jika sudah menjadi Perda, maka sanksi sudah bisa diberlakukan.

Karena itu, dia berharap sosialisasi ini bisa selesai sehingga Perda tentang IMB nantinya bisa diterapkan. Masyarakat pun dituntut menyadari betapa pentingnya IMB sebagai dasar pemerintah mengatur wilayah.

“Bangunan harus sesuai dengan perencanaan tata ruang. IMB dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dan Dinas PU dan Tata Ruang hanya mengeluarkan rekomendasi,” tutur Mukramin. (cr11/c/aha)

To Top