Lingkar Sultra

Kolaka Jadi Titik Singgah Kipan 2017

IST
Bupati Kolaka Ahmad Safei saat memimpin rapat persiapan Kipan 2017, di Aula SMS, Kantor Bupati Kolaka, Rabu (14/9).

BKK, KOLAKA– Kabupaten Kolaka ditunjuk mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra), sebagai titik persinggahan Kirab Pemuda Nasional (Kipan) 2017, yang akan dilaksanakan pada November nanti. Kipan akan melintasi 72 kabupaten/kota dan 34 provinsi.

Kadis Pemuda dan Olahraga Kolaka, Hasbir Jaya Razak, pada rapat persiapan Kipan 2017, di ruang rapat SMS Berjaya, Rabu (14/9) menjelaskan, Kipan dilaksanakan berdasarkan Rakornis pertama yang diselenggarakan Menteri Pemuda dan Olahraga, dengan tujuan mengembalikan patriotisme pemuda yang selama ini sudah memudar.

“Kirab pemuda nusantara ini merupakan juga ajang promosi pariwisata dan mendorong potensi lokal, serta memunculkan ikon pemuda kreatif yang menginspirasi Indonesia,” kata mantan Camat Watubangga ini.

Dalam Kipan ini, terdapat 68 pasukan inti di tingkat nasional, termasuk putra dan putri Kolaka yang mewakili Sultra yang telah lulus seleksinya.

Kipan dibagi dua zona, di mana zona satu menjalani rute dari Miangas melintasi Sabang menuju Solo, serta zona dua dari Rote Ndao melintasi Merauke menuju Solo.

Hasbir menambahkan, setiap kabupaten yang dijadikan tempat titik singgah, peserta akan tinggal selama dua malam tiga hari. Ketika tiba di Kolaka nanti, akan dilakukan deklarasi pemuda, napak tilas dan lomba film pendek, juga dilaksanakan festival musik, pameran kreativitas pemuda, pergelaran busana muslim dan lainnya.

“Karena peserta Kipan menggunakan kapal fery dari Bajoe Sulawesi Selatan, maka penjemputan dilaksanakan di rumah adat Mekongga,” kata Hasbir Jaya Razak.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei memberikan apresiasi atas kepercayaan Menpora menunjuk Kolaka sebagai titik singgah, mewakili Sultra. Karena itu segala sesuatu yang berkaitan kegiatan Kipan supaya disiapkan dan dibenahi. Paling tidak semua tempat bersejarah di bumi Mekongga ini dijadikan lokasi napak tilas.

“Ini bisa kita jadikan sebagai ajang promosi wisata yang ada di Kolaka,” kata Ahmad Safei. (r3/c/aha)

To Top