6.000 Unit Rumah Subsidi Akan Dibangun di Sultra – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

6.000 Unit Rumah Subsidi Akan Dibangun di Sultra

IST/BKK
Wakil Ketua Dewan Pengurus Daerah
Pengembang Indonesia Sultra, Sahruddin Azhar (kanan) bersama Direktur Berita Kota Kendari, Mahdar Tayyong saat di Kantor Berita Kota Kendari, Rabu (13/9).

BKK, KENDARI – Sebanyak 6.000 unit rumah kategori bersubsidi akan dibangun di Sultra. Pembangunan rumah tersebut dilakukan para developer yang tergabung dalam Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pengembang Indonesia (PI) Provinsi Sultra.

Wakil Ketua DPD PI Sultra, Sahruddin Azhar mengatakan, pembangunan ribuan rumah tersebut merupakan bagian dari program pembangunan 1 juta unit rumah
yang digagas Presiden Joko Widodo. Secara nasional sampai saat ini masih tersisa lebih kurang 400 ribu unit yang belum terbangun.

“Di Sultra kami mendapat jatah sisa pembangunan enam ribu unit,” ujar Sahruddin saat berkunjung di Kantor Berita Kota Kendari bersama Koordinator Bidang Perbankan DPD PI Sultra, Jani Pamona, Rabu (13/9).

Proses pembangunan tersebut akan dimulai setelah pengukuhan pengurus DPD PI Sultra, 25 September mendatang. Selanjutnya pengembang akan memasarkan rumah-rumah kepada masyarakat khususnya menengah ke bawah. DPD PI menargetkan pembangunan rampung pada 2018.

Sahruddin menyebutkan, harga per unit sebesar Rp 129 juta. Uang muka atau biasa diistilahkan DP (down payment) antara 1 sampai 2 persen saja dari total harga jual.

“Rumah yang kami bangun ini sangat murah karena sistemnya disubsidi oleh pemerintah. Lokasinya terletak di berbagai kabupaten,” jelasnya.

Pembangunan rumah-rumah tersebut, lanjut Sahruddin, akan dilakukan secara merata di seluruh kabupaten. Dia berharap, pembangunan rumah bersubsidi ini memberi kemudahan masyarakat yang ingin membeli rumah
murah. (*/aha)

To Top