RSUD Konkep Sangat Memperihatinkan – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

RSUD Konkep Sangat Memperihatinkan

HUSAIN/BKK
dr Rudi Utomo

Hanya Punya Tiga Ruang Rawat Inap

BKK, LANGARA– Manajemen RSUD Konkep tampaknya mulai jengah dikritik terkait kurang maksimalnya pelayanan RSUD.

Direktur RSUD Konkep, dr Rudi Utomo pun secara blak-blakan mengakui bangunan Rumah Sakit eks Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Langara itu memang sudah sangat memprihatinkan.

Selain kondisi bangunannya yang sudah tua, fasilitasnya pun sangat minim. Hanya ada tiga ruangan rawat inap, sementara yang dirawat lebih banyak. Inilah yang memicu banyaknya kritikan dari masyarakat.

“Ruang rawat inapnya hanya tiga. Satu ruangan hanya mampu menampung dua bed, jadi hanya sekitar enam pasien. Biasanya ada pasien baru yang harus dirawat inap sementara ruang rawat sudah full, tentu kami yang disorot dengan berbagai hinaan bahkan ancaman akan dilapor ke sana ke sini dengan alasan pelayanan yang tidak maksimal,” kata Rudi, Selasa (5/9).

Dengan kondisi gedung yang tidak layak tersebut, lanjut Rudi, Pemkab Konkep sulit untuk mendatangkan dokter-dokter spesialis. “Kita berencana untuk mendatangkan dokter spesialis terutama spesialis kandungan dan penyakit dalam, tapi bagaimana caranya ini akan terlaksana kalau fasilitas pendukung tidak tersedia, misalnya ruang operasi untuk melakukan tindakan cesar,” katanya.

Selaku Direktur RSUD Konkep, Rudi berharap kepada masyarakat untuk mengerti akan kondisi fasilitas Rumah Sakit yang memang serba kekurangan tersebut. “Kami juga ingin melakukan pelayanan yang maksimal, tapi bagaimana caranya ini akan terlaksana kalau fasilitas tidak mendukung, ditambah lagi tekanan-tekanan dari luar baik ancaman maupun hinaan yang terkadang membuat kami elus dada. Jadi kami harap masyarakat bisa mengerti sambil kita menunggu penyelesaian pembangunan gedung RSUD baru yang seharusnya sudah kelar, tapi masih terkendala dengan pembebasan lahannya,” paparnya. (cr9/c/aha)

To Top