Penyidik Periksa Ulang Saksi-Saksi Kasus PDAM Baubau – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Penyidik Periksa Ulang Saksi-Saksi Kasus PDAM Baubau

IST
Ilustrasi

BKK, KENDARI – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan kembali lakukan pemeriksaan sejumlah saksi, untuk merampungkan berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan mesin pompa air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkey saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, saksi-saksi yang diperiksa merupakan para saksi yang sebelumnya telah diperiksa.

“Ini pemeriksaan kembali para saksi yang sebelumnya telah kami periksa untuk merampungkan berkas para tersangka,” terangnya.

Setelah pemeriksaan para saksi usai, lanjut dia, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kembali para tersangka yang telah ditetapkan sebanyak lima orang.

Lima tersangka terdiri atas pejabat pembuat komitmen (PPK), kuasa pengguna anggaran (KPA), dan kontraktor rekanan. “Kita tuntaskan dulu pemeriksaan saksi baru melangkah pemeriksaan para tersangka,” jelasnya.

Janes sendiri menegaskan, belum disebutkannya identitas para tersangka secara detail disebabkan beberapa alasan, di antaranya mencegah hal-hal yang dapat merugikan para tersangka.
Seperti adanya oknum-oknum yang ingin memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan pemerasan terhadap para tersangka.

“Yang seperti ini harus kita antisipasi, sebab tidak jarang ada yang memanfaatkannya mulai dengan berdalih mampu menurunkan hukuman hingga membebaskan para tersangka,” ujarnya.

Diketahui, kasus ini terjadi pada 2010, yang mana anggaran yang diduga diselewengkan hingga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 1 miliar dari total anggaran sebesar Rp 5 miliar, berdasarkan hasil audit internal Kejati Sultra.

Kasus ini juga sebelumnya pernah ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau namun karena dinilai lamban maka diambil alih Kejati Sultra. (cr5/c/iis)

To Top