Bisnis & Ekonomi

Japnas Sultra Perluas Peluang Bisnis Anggotanya

RIA RAMAYANTI/BERITA KOTA KENDARI
PERMANTAP KONSOLIDASI. Para pengurus PW Japnas Sultra usai melakukan Rapat Pengurus Lengkap di Swiss-Bel Hotel, Kendari, akhir pekan lalu.

BKK, KENDARI- Pengurus Wilayah Jaringan Pengusaha Nasional Sulawesi Tenggara menggelar rapat pengurus lengkap di Hotel Swiss-Bel Kendari, Sabtu (26/8). Pertemuan ini menjadi langkah awal untuk pengembangan bisnis anggota Japnas Sultra di masa depan.

Sejumlah program kerja berhasil disusun. Diantaranya memperkenalkan Japnas Sultra di kabupaten/kota, membangun jaringan yang kuat untuk menciptakan lebih banyak peluang usaha, membuat informasi data terkait potensi usaha serta iklim investasi di Sultra, membangun kemitraan dengan lembaga keuangan, dan menciptakan pengusaha-pengusaha muda di Provinsi Sulawesi Tenggara .

Ketua Umum PW Japnas Sultra, Sania Kartika Sandy mengatakan, Japnas merupakan organisasi yang di dalamnya terdiri dari pengusaha-pengusaha yang berkomitmen bersinergi dalam informasi, agar sesama pengusaha bisa saling berkolaborasi dalam pengembangan bisnis.

“Target Japnas untuk saat ini melakukan pelatihan-pelatihan kepada mahasiswa atau pengusaha pemula. Kita akan memberikan masukan dan inspirasi bagaimana memulai usaha yang cocok,” tuturnya.

Sania melanjutkan, sangat penting untuk menciptakan para pengusaha lokal sebab Japnas melihat sektor bisnis di Sultra masih didominasi pengusaha dari luar Sultra. Menurutnya, sangat banyak warga Sultra yang mau membangun bisnis, tetapi terkendala permodalan serta kapasitas SDM.

Padahal, Sultra memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Dia mencontohkan mete dan cokelat banyak diproduksi di daerah-daerah. Namun dua komoditi ekspor ini belum dikuasai oleh pengusaha lokal.

Karena itu, Japnas ini menciptakan jaringan informasi yang bisa memperkuat peluang atau pondasi bisnis anggotanya. Dengan jumlah 70 anggota yang tersebar di seluruh daerah dan berpotensi masih terus bertambah, dia yakin jaringan informasi bisnis ini bisa dibangun nantinya.

“Pengusaha Japnas ada 70 orang dari berbagai profesi dan usaha. Kalau yang ini saja bisa dimaksimalkan, hasilnya bisa sangat luar biasa,” tuturnya.

Selain di kalangan anggota Japnas Sultra sendiri, penguatan jaringan juga dilakukan sesama pengurus Japnas se Indonesia. Pada Desember nanti, kata dia, PW Japnas Kalimantan Barat akan dilantik. Di situ PW Sultra akan tampil memberikan informasi mengenai potensi bisnis yang ada di Sultra.

Dengan begitu, diharapkan ada investor Kalbar yang tertarik berinvestasi di Sultra. Atau, memberikan modal kepada pengusaha di Sultra.

“Harapannya tidak hanya kerja sama sesama organisasi, tapi business to business. Tujuan kita memang ingin menciptakan peluang bagi warga Sultra agar banyak yang menjadi pengusaha. Tidak hanya sebagai pekerja tetapi mempekerjakan,” tutupnya. (p14/b/aha)

To Top