Jaksa Dalami Kasus Penambangan Ilegal PT BBSM – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Jaksa Dalami Kasus Penambangan Ilegal PT BBSM

IST
Ilustrasi

BKK, KENDARI – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini mulai mendalami kasus penambangan ilegal, yang dilakukan PT Bumi Bintang Selatan Mineral (BBSM) di Desa Mandiodo, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkey menuturkan, kasus ini mulai ditangani pihaknya setelah berkas perkara tahap satu dilimpahkan penyidik Polda Sultra beberapa waktu lalu.

“Berkas kasus ini sementara diperiksa,” terang Janes, Jumat (25/8).

Ia menjelaskan, pada kasus ini sendiri telah ada dua tersangka yang ditetapkan yakni Direktur PT BBSM Zul dan Direktur PT Bososi Pratama Andi Uci.
Keduanya dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 pasal 158 tentang Minerba.

“Keduanya melakukan penambangan tanpa IUP dan juga pada saat itu posisi tersangka Andi Uci tidak lagi menjabat sebagai Direktur PT Bososi Pratama, karena sejak 28 April 2015 hingga sekarang posisinya digantikan oleh Hendra,” jelasnya.

Berdasarkan berkas perkara tersebut, lanjut dia, diketahui bahwa proses penambangan nikel yang dilakukan PT BBSM atas perintah Direktur PT Bosasi Pratama Andi Uci diduga berada di luar lokasi IUP dan proses penambangan itu telah berjalan satu bulan.

“Hasil produksinya sekitar 7.000 metric ton (MT) yang dilakukan kontraktor mining atas nama PT BBSM atas perintah kerja dari tersangka Andi Uci yang mengaku sebagai direktur PT Bososi Pratama,” bebernya. (cr5/c/iis)

To Top