Diknas Terus Benahi Infrastruktur Pendidikan di Butur – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Diknas Terus Benahi Infrastruktur Pendidikan di Butur

IST
Agus Pria Budiana

 

 

BKK, BURANGA- Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus ditingkatkan. Anggaran sebesar Rp 4,2 miliar diporsikan hanya untuk membenahi infrastruktur satuan pendidikan yang belum memadai.

Dengan ditingkatkannya sarana infrastruktur, diharapkan pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

“Penambahan sekolah baru dilaksanakan atas permintaan masyarakat setempat. Pemerintah daerah juga terus berusaha menyediakan sarana pendidikan yang ideal bagi kelancaran proses belajar mengajar,” kata kepala Dinas Pendidikan Butur Agus Pria Budiana, Jumat (25/8).

Untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan belajar mengajar di sekolah baru tersebut, Diknas Butur telah mempersiapkan tenaga pengajar dan sarana fasilitas sekolah sesuai kebutuhan.

Pembenahaan fasilitas pendidikan dan pengadaan buku koleksi serta media pembelajaran ditarget tersedia tahun ini.

Agus mengaku, proses pengawasan di lapangan terus dilakukan, untuk memastikan semua proses pengajaran infrastruktur pendidikan telah sesuai prosedur, sehingga tak mudah rusak dan tahan lama.

Berdasarkan data di dinas pendidikan setempat, beberapa pembangunan infrasturuktur pendidikan Butur di 2017 yakni pembangunan sekolah baru SDN Rante Gola dengan anggaran sebesar Rp 302 juta, pengadaan alat laboratorium multimedia SMPN 3 Kulisusu sebesar Rp 366 juta.

Kemudian, pengadaan meubeler sekolah sebesar Rp 322 juta, penambahan ruang kelas sekolah SDN 1 Bubu Barat Rp 322 juta. Selanjutnya, rehabilitasi ruang guru SMPN 1 Kulisusu Utara dengan anggaran Rp 400 juta, penambahan ruang kelas sekolah SDN 1 Sumampeno Rp 340 juta.

Ada juga pengadaan peralatan pendidikan dan media pembelajaran dengan anggaran Rp 490 juta, serta pengadaan koleksi perpusatakaan SD yang biayanya Rp 1, 7 miliar. (cr10/c/nur)

To Top