Sukses Kawal Sengketa Pilkada, Kejari Bombana Dapat Penghargaan dari KPU – Berita Kota Kendari
Headline

Sukses Kawal Sengketa Pilkada, Kejari Bombana Dapat Penghargaan dari KPU

AHMAD RIDHA/BERITA KOTA KENDARI
Ketua KPU Bombana, Arisman (ketiga dari kiri) saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Kejari Bombana, Baharuddin di Rumbia, Rabu (23/8).

BKK, RUMBIA- Salah satu pendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkada Bombana baru-baru ini adalah keterlibatan pihak kejaksaan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menganggap salah satu lembaga hukum ini mampu bekerja sama dengan turut serta membantu dalam mengawal sengketa pilkada hingga di Mahkamah Konstitusi (MK).

Atas kerja sama yang baik itu, KPU Bombana selaku penyelenggara pilkada memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Bombana, Rabu (23/8), dengan memberikan piagam penghargaan.

Ketua KPU Bombana Drs Arisman mengatakan, atas peran pihak Kejari dalam proses perjalanan sengketa pilkada di MK baru-baru ini, KPU selaku pihak termohon mampu menghadapi gugatan pemohon hingga memenangkan gugatan tersebut.

“Selama ini kami bekerja sama dengan pihak Kejari Bombana dalam proses penanganan kasus sengketa pilkada kemarin. Kejari Bombana sudah mengutus personilnya dari jaksa pengacara negara dalam kasus pilkada,” kata Arisman usai menyerahkan piagam penghargaan tersebut kepada Kepala Kejari Bombana Baharuddin M SH MH kemarin.

Arisman berharap, kerja sama dengan kejaksaan ini dapat berjalan dengan baik guna meningkatkan kinerja KPU Bombana dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Usai menerima pengharhaan itu Baharuddin menjelaskan, selama ini pihak KPU dan Kejari Bombana telah membangun kerja sama di bidang perdata dan tata usaha negara. Pihaknya menyediakan jasa pengacara negara untuk membantu KPU dalam menghadapi sengketa pilkada.

Walau begitu, lanjutnya, kerja sama dibangun kejaksaan bukan hanya kepada KPU. Pihaknya juga terus membuka kerja sama kepada lembaga negara lainnya, khususnya yang berkaitan dengan bidang perdata dan tata usaha negara.

Hal ini, tambah dia, merupakan hal yang harus dijalankan Kejari Bombana sebagaimana telah diamanahkan dalam UU Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

“Pemberian penghargaan oleh KPU Bombana ini sangat kami apresiasi. Kami berharap, sejumlah lembaga negara lainnya yang ada di Bombana ini dapat bekerjasama dengan kami ke depan,” tandas Baharuddin. (r2/b/nur)

To Top