Kajur Ilmu Sejarah Jadi Dosen Terbaik di UHO – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Kajur Ilmu Sejarah Jadi Dosen Terbaik di UHO

IST
Dra Aswati M Hum

BKK, KENDARI- Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Dr Muhammad Zamrun memberikan penghargaan kepada para dosen PNS terbaik dan berprestasi. Salah satunya kepada Ketua Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Dra Aswati M Hum.

Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis pada acara dies natalis ke 36/ 2017 sekaligus  promosi guru besar UHO, Prof. Dr. Eka Suaib di gedung auditorium setempat, Sabtu (19/8) lalu.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Ketua Jurusan Ilmu Sejarah FIB UHO, Aswati  mengaku sangat bahagia bisa mendapatkan penghargaan ini.

“Penghargaan tersebut bakal menjadi motivasi secara pribadi maupun kelembagaan jurusan untuk terus memacu peningkatan kualitas,” katanya.

Ia mengaku, jurusan ilmu sejarah merupakan jurusan baru yang terbentuk seiring berdirinya FIB pada 2014 lalu. Dan sejak saat itu, jurusan ini terus bersaing dengan jurusan lain yakni mengembangkan kualitas internal di semua sektor menejemen, termasuk pengembangan kapasitas sumber daya mahasiswa dan tenaga pengajarnya.

Pencapaian jurusan ini mulai nampak setelah akreditas jurusan. Mahasiswanya mulai banyak dan para wisudawannya memperlihatkan angka akademik yang baik.

“Sebagaimana misi jurusan yakni melahirkan alumnus yang bisa mengembangkan keilmuannya saat berada di lingkungan masyarakat nanti, paling tidak, para alumni bisa melakukan penelitian yang pada akhirnya karyanya bisa memperkaya penelitian sejarah lokal di Sultra,” paparnya.

Lulusan Magister UGM Jogjakarta ini  sudah genap 27 tahun menggeluti dunia akedemik sebagai tenaga pengajar tetap di UHO. Karirnya pernah menjabat Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unhalu 2003-2009. Kemudian menjabat Ketua Jurusan Ilmu Sejarah FIB UHO sejak 2014 sampai sekarang ini.

“Jabatan bukanlah tujuan. Karena yang terpenting adalah bagaimana mengabdikan diri membangun SDM melalui peran dan bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Ia menambahkan, predikat dosen terbaik merupakan sarana untuk terus meningkatkan kualitas kerja. Dan hal ini dapat tercapai atas sinergitas dan koordinasi yang baik dengan pimpinan lembaga jenjang tertingi. Diantaranya Dekan FIB UHO Dra. Wa Ode Sitti Hafsah, M.Si.

“Beliau (Wa Ode Sitti Hafsah) yang terus memberikan suport, dukungan dan kepercayaan kepada saya,” paparnya. (r4/aha)

To Top