SMPN 15 Kendari Juara 3 Lomba Sekolah Sehat Nasional – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMPN 15 Kendari Juara 3 Lomba Sekolah Sehat Nasional

DOK
Foto bersama Kepala SMPN 15 Kendari (memegang piala) bersama sejumlah pejabat Pemkot Kendari usai menerima penghargaan sebagai pemenang lomba sekolah sehat tingkat nasional.

BKK, KENDARI- Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 15 Kendari berhasil menyabet juara 3 Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional 2017. Sekolah ini pun telah diberikan penghargaan pala malam penganugrahan di Jakarta, Sabtu (19/8).

Kepala SMPN 15 Kendari Hj Saeminah MPd mengaku bangga dengan prestasi yang baru diraih sekolahnya tersebut. Sebab, bukan menjadi hal mudah untuk menyisihkan sekolah lainnya dari sejumlah provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah setelah melewati proses yang cukup panjang dan persaingan yang ketat, kami dinobatkan sebagai juara 3. Ini persembahan cukup membanggakan untuk daerah dan sekolah, sebab bisa menyisihkan puluhan sekolah serta provinsi lainnya di Indonesia dan masuk 4 sekolah terbaik nasional,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/8).

Ia menuturkan, predikat sekolah best performance dalam lomba sekolah sehat sangat sulit. Sebab, penilaiannya melewati lintas empat kementerian, diantaranya Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Tidak sama dengan sekolah adiwiyata menggunakan sistem passing grade. Kalau sekolah sehat benar-benar menggunakan nilai untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1,” ucapnya.

Menurutnya , juara tersebut tidak hanya jadi kebanggaan tetapi juga menjadi tantangan bagi sekolahnya. Secara otomatis sekolah ini akan menjadi sorotan masyarakat dan contoh bagi sekolah lainnya.

“Mereka pasti akan datang melihat dan menilai apakah benar SMPN 15 Kendari pantas menyandang predikat sekokah sehat nasional. Juara tidak hanya sulit didapatkan namun juga sulit dipertahankan,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk ke depan, pihaknya tetap bekerja sama dengan seluruh stake holder yang ada agar pemahaman sekolah sehat selalu ditingkatkan. Sehingga, hidup bersih tidak hanya diterapkan di sekolah tetapi juga di lingkungan kecil serta di masyarakat

“Saya berharap makna sekolah sehat tidak hanya disandang sebagai predikat. Akan tetapi lebih penting lagi bagaimana mengubah karakter serta menumbuhkan perilaku bagi peserta didik melalui pembiasaan sederhana ,” pungkasnya. (p12/b/nur)

 

To Top