Beranda

Saleh Lasata Lantik Umar Samiun di Jakarta

DOK BKK
Saleh Lasata

BKK, KENDARI- Meskipun dilantik di Jakarta, pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Buton, Umar Samiun-La Bakri (Umar-Bakri), tetap akan dilantik oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Saleh Lasata.
Pelantikan dijadwalkan pada 24 Agustus pukul 14.00 WIB.

“Karena ini tanggung jawabnya gubernur yang harus melantik bupati,” kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra La Ode Ali Akbar, Senin (21/8), sembari menyebut pihaknya sudah mengedar undangan.

“Yang akan hadir di sana adalah Mendagri (Menteri Dalam Negeri), dan kami juga mengundang beberapa kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah) di kabupaten, serta pimpinan DPRD di daerah masing-masing,” jelasnya, Senin (21/8).

Ia juga menjelaskan, berkait pelantikan Umar Samiun yang saat ini masih dalam status tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pihaknya sudah memberikan surat ke KPK dan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat untuk minta izin agar Umar dikeluarkan sementara.

“Karena tidak ada juga alasan untuk menahan, sebab itu sesuai amanat undang-undang yang harus diizinkan untuk dilantik,” alas La Ode Ali. (p13/c/iis)

To Top