Arena

Pengurus KONI Konut akan Disusun Ulang

IST
Logo KONI

BKK, WANGGUDU- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Konawe Utara dalam waktu dekat bakal mengalami perubahan struktur, menyusul dilakukannya perubahan kepengurusan induk cabang olahraga oleh Pemerintah Kabupaten Konut.

Bupati Konut, Ruksamin mengungkapkan, saat ini kepengurusan organisasi olahraga ini masih dijabat oleh pemerintahan lama era Aswad Sulaiman bersama dirinya. “Sementara kita mau bentuk lagi kepengurusan yang baru,” kata Ruksamin.

Rencana perubahan kepengurusan KONI Konut, menurut Ruksamin, merupakan upaya pemerintah daerah untuk memberdayakan kembali seluruh cabang olahraga (Cabor). Pasalnya, saat ini bidang olahraga di Konut mengalami kevakuman.

“Sekarang kita tidak tahu lagi siapa-siapa ketua pengurus masing-masing cabang olahraga. Jadi ini yang akan kita susun ulang. Ketua Pengcab baru nanti akan otomatis menjadi bapa angkat di cabang olahraga itu,” jelas Ruksamin.

Senada dengan Ruksamin, Wakil Bupati, Raup mengatakan perubahan kepengurusan KONI ini sebenarnya sudah berjalan. Baru-baru ini, dirinya telah mengadakan pertemuan dengan Sekretaris KONI Konut, Nasruddin.

Hasilnya, Raup sudah mengintruksikan mantan kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) itu untuk menyerahkan SK Kepengurusan KONI saat ini. Dalam pertemuan itu juga terungkap bahwa masa kepengurusan KONI Konut akan berakhir pada bulan Agustus, tahun ini.

“Setelah ada SK baru kita susun kembali struktur kepengurusan baru. Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, Ketua akan dijabat oleh bupati. Tapi nanti kita lihat. Semua tergantung kondisi,” terangnya.

Ketua Pengcab Karate ini mengatakan, perubahan struktur induk organisasi olahraga di Konut ini akan dibarengi dengan pembenahan kantor sekretariat. Hal ini untuk menghidupkan kembali seluruh cabor yang ada di Konut agar dapat bersaing dengan daerah lain di ajang-ajang olahraga.

Untuk diketahui, banyak pengurus cabang (Pengcab) yang tidak aktif lagi karena kehilangan bapak angkat atau ketua Pengcabnya. Sebagian besar, para bapak angkat cabang olahraga ini tidak lagi bertugas di Konut. (cr12/b/aha)

To Top