Lingkar Sultra

Laporkan Jika Ada RS yang tidak Layani Peserta BPJS

IST
Ilustrasi BPJS Kesehatan

BKK, BATAUGA- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Baubau, Tutut Novita Dewi megimbau masyarakat peserta BPJS Kesehatan agar tidak segan-segan membuat laporan jika ada rumah sakit yang tidak melayani mereka. Dia menjamin laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh BPJS Kesehatan.

Hal itu menjadi penekanan Tutut saat menggelar media gathering di Batauga Buton Selatan, Senin (21/8). Tutut menegaskan, rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS, harus melayani para peserta tanpa membeda-bedakan golongan.

“Saya kira jelas. Kalau memang rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan bertindak membeda-bedakan pasiennya, segera lapor ke kami. Kami akan tindak tegas sesuai ketentuan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, seluruh tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat wajib melayani kebutuhan medis para pasien BPJS. Karena para peserta telah melakukan kewajibannya dengan membayar premi setiap bulannya.

“Jadi tidak ada alasan. Dasar kita adalah kesepakatan kerja sama antara pihak BPJS dan rumah sakit. Jadi tidak dibenarkan bila pasien umum dan peserta BPJS harus dibedakan,” tegasnya.

Dia pun mengingatkan ada sanksi yang bisa dijatuhkan kepada pihak rumah sakit jika terjadi insiden yang merugikan pasien. Dia bahkan tidak akan segan-segan menempuh jalur hukum.

“Selama peserta jaminan kesehatan itu sudah melakukan proses yang diwajibkan oleh pihak BPJS, maka semua hak pasian harus diberikan,” tandasnya. (k1/c/aha)

To Top