Lingkar Sultra

Gempa di Busel Tidak Akibatkan Kerusakan

IST
Ilustrasi

BKK, BATAUGA- Gempa bumi ternyata sempat melanda sebagian Buton Selatan, Minggu (20/1) malam. Menurut data Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geologi (BMKG) Kota Baubau , gempa berkekuatan 3,4 SR tersebut terjadi pada pukul 20.06 WITA dengan kedalaman gempa sekitar 5 km.

Lokasi gempa terletak di 5,64 LS 122,66 BT sekitar 25,1 KM Barat Daya Baubau. Getaran dirasakan di Kecamatan Batauga, Kabupaten Busel. “Itu cukup terasa. Tetapi getarannya hanya sekitar 3 hingga 4 detik,” ungkap Kepala BMKG Kota Baubau, Natsir saat di hubungi via ponselnya.

Menurutnya, gempa tersebut disebabkan aktivitas sesar lokal di bagian Barat Daya Pulau Buton. “Sejauh ini belum ada tanda-tanda gempa susulan, namun tetap kita pantau,” tandasnya.
Sementara, Kepala Badan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Selatan, Laode Harwanto juga membenarkan gempa bumi tersebut. Berdasarkan informasi di lapangan, tidak ada kerusakan yang terjadi akibat gempa itu.

“Memang agak kuat getarannya, hanya saja tidak ada kerusakan. Itu hanya membuat panik masyarakat saja,” kata Harwanto, Senin (21/8). (k1/c/aha)

To Top