Sengketa Lahan Watiginanda Tuntas – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Sengketa Lahan Watiginanda Tuntas

IST
Ilustrasi

BKK, BATAUGA- Polemik perebutan lahan antara Pemerintah Desa Watiginanda, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan Bersama warganya, Raja Ali CS telah dinyatakan tuntas. Sengketa lahan yang terjadi beberapa waktu lalu itu telah diselesaikan dalam musyawarah tingkat desa.

Hal ini diungkapkan Kades Watiginanda, La Bani saat ditemui awak media di gedung Lamaindo, usai menghadiri rapat paripurna belum lama ini. Kata dia, pemerintah desa dan beberapa warga terkait masalah ini telah bersepakat lahan yang diperebutkan itu dibagi dua.

“Jadi setelah dilakukan rapat tingkat desa yang dimotori oleh Kabag Tapem, La Asri atas perintah Bupati Busel, Agus Faisal Hidayat, persoalan itu sudah clear. Kami diberikan solusi untuk membagi dua lahan itu dan itu disepakati,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, awalnya pihak Raja Ali cs merasa keberatan. Namun setelah berdiskusi panjang demi kepentingan keamanan sosial dan kepastian, sehingga hasil musyawarah itu diterima.
“Pokoknya sudah tuntas. Tidak ada lagi persoalan. Kesepakatan itu atas dasar musyawarah yang digelar hari Selasa tanggal 8 Agustus lalu. Dan itu kami buat dibuatkan pernyataan kesepakatan sebagai dasar hukumnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, lahan yang berada di Desa Watiginanda, Kecamatan Sampolawa ini sempat memicu polemik. Pemerintah desa dan beberapa warga setempat saling mengklaim sebagai pemilik.

Pemerintah desa mengaku, lahan tersebut merupakan aset desa. Sementara beberapa warga setempat mengaku lahan itu merupakan milik kakeknya. Namun pengakuan antara dua kubu ini tidak memiliki alas hak yang jelas. Keduanya berpegang pada histori lahan tersebut. (k1/c/aha)

To Top