Headline

Fildan Meriahkan Peluncuran Jingle dan Maskot Pilkada Konawe September Nanti

IRMAN/BKK
Sarmadan

BKK, UNAAHA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe resmi menetapkan pemenang lomba jingle dan maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe 2018. Selanjutnya, jingle dan maskot ini akan diluncurkan pada 11 September 2017 mendatang.

Ketua KPU Konawe, Sarmadan menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam sayembara jingel dan maskot Pilkada Konawe. Peserta sayembara sendiri berjumlah 15 orang, dengab rincian sembilan orang peserta maskot dan eban orang peserta jingle.

Para peserta bukan saja dari Konawe, tetapi juga dari luar Sultra. “Bahkan ada yang dari Semarang. Karya dan berkas pendaftarannya dikirim ke pantia melalui email,” jelas Sarmadan kepada Berita Kota Kendari, Senin (21/8).

Para juri seluruhnya berasal dari luar KPU, dengan latar belakang musisi dan akedimisi. Tahapan dimulai dari seleksi berkas, penilaian dan presentase oleh para peserta. Juri kemudian menetapkan tiga besar di masing-masing kategori.

Untuk lomba maskot; Ariyanto Hidayat, Jusri Handri dan Irmawati Maman Jamalong. Sedangkan jingle; Irpa Dian Surahmad, Adrianto dan Ichsan Hilwansyah.

Menurutnya, dalam penilian lomba dewan juri menetapkan delapan kriteria lomba diantaranya karya harus sifatnya original atau bukan hasil jiplakan, memiliki nilai budaya dan menggambarkan ikon khusus daerah, didominasi warna KPU, mengandung nilai sosiologis, sejarah, estetika, serta filosofis kejujuran.

“Pemenangnya dari Konawe sendiri,” pungkasnya.

Untuk karya maskot yang sudah ditetapkan, KPU Konawe tengah mengadakan fisiknya dalam bentuk boneka besar. Sementara jinglenya sedang disempurnakan dalam studuo musik.

Acara peluncurannya sendiri akan digelar di pelataran eks STQ Unaaha. KPU Konawe akan mendatangkan Fildan Rahayu untuk memeriahkan acara tersebut. (r4/aha)

To Top