Pemprov Akan Tingkatkan Pengawasan e-KTP di Kabupaten/Kota – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemprov Akan Tingkatkan Pengawasan e-KTP di Kabupaten/Kota

BKK, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan meningkatkan pengawasan terhadap penerbitan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra.

”Kami sebagai dinas yang mewakili pemerintah pusat, jadi saya akan melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan yang lebih maksimal lagi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sultr Ismail Lawata, saat ditemui di kantornya, Jumat (18/8).

Dalam proses pengawasan itu, katanya, Disdukcapil Sultra akan memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan masalah kelambatan atau kekurangan bahan pembuatan e-KTP. Permasalahan yang terjadi di lapangan, juga akan langsung dikoordinasikan pihaknya dengan pemerintah pusat.

”Kalau blangko tambahan untuk tahap pertama kami sudah salurkan pada bulan Mei yang lalu, kemudian tahap kedua akan disalurkan paling lambat Oktober 2017 mendatang,”katanya.
Mengenai data e-KTP, lanjutnya, tidak akan berbeda antara kabupaten/kota dengan provinsi. Sebab, data yang diinput dari kabupaten/kota ke kementerian dalam negeri (kemendagri) juga diterima di provinsi.

Ia juga menegaskan, data elektronik itu tidak ada duplikat atau penyimpangan. Kecuali data manual kemungkinan ada.
Ditambahkannya, berdasarkan data penyaluran e-KTP tahap pertama jumlah terbanyak disalurkan di Kota Kendari yang mencapai 10.000.

“Sedangkan di kabupaten/kota yang lainnya paling banyak 2.000, tergantung dengan jumlah penduduknya,”tutupnya. (p13/c/nur)

To Top